JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Begini Peringatan Hari Santri Nasional di Wonogiri

Seorang santri mencium tangan Kapolres Wonogiri usai upacara Hari Santri Nasional.
   
Seorang santri mencium tangan Kapolres Wonogiri usai upacara Hari Santri Nasional.

WONOGIRI–Sejumlah elemen masyarakat Wonogiri hadir dan mengikuti upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2018, Senin (22/10/2018). Upacara dilaksanakan di Alun-alun Giri Krida Bhakti, Wonogiri, Senin (22/10).

Bukan hanya dari kalangan santri, PNS, sekolah, dan organisasi masyarakat seperti GP Ansor, NU, Muslimat, Fatayat, IPNU, Pagar Nusa, dan lainnya juga turut mengikuti jalannya upacara yang dipimpin Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. Hadir pula jajaran Forkopimda Kabupaten Wonogiri.

Membacakan sambutan Menteri Agama RI, Bupati mengatakan, Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri merupakan babak baru dalam sejarah umat Islam Indonesia. Mulai hari itu, dengan suka cita memperingati Hari Santri yang merupakan wujud relasi harmoni antara pemerintah dan umat Islam, khususnya bagi kalangan kaum santri.
“Oleh karena itu, peringatan Hari Santri harus dimaknai sebagai upaya memperkokoh segenap umat beragama agar saling berkontribusi mewujudkan masyarakat Indonesia yang bermartabat, berkemajuan, berkesejahteraan, berkemakmuran, dan berkeadilan,” kata Bupati.

Baca Juga :  Turnamen Bola Voli Putra Manyaran Cup XVI 2024, Diikuti 45 Klub Catat Tanggal Mainnya

Kalangan pesantren dalam hal ini adalah para kiai, santri dan elemen umat Islam yang belajar kepada orang-orang pesantren diharapkan oleh segenap bangsa Indonesia untuk mencurahkan energinya dalam rangka menjaga keutuhan dan persatuan masyarakat di tengah situasi saat ini yang penuh dengan berbagai fitnah.
Tema Hari Santri 2018 adalah “Bersama Santri Damailah Negeri”. Isu perdamaian diangkat sebagai respon atas kondisi bangsa Indonesia yang saat ini sedang menghadapi berbagai persoalan, seperti maraknya hoaks, ujaran kebencian, polarisasi simpatisan politik, propaganda kekerasan, hingga terorisme.

Baca Juga :  Arus Balik Lebaran 2024, Pemudik Mulai Kembali ke Perantauan

“Hari Santri tahun ini merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai ‘pionir perdamaian’ yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesia. Dengan karakter kalangan pesantren yang moderat, toleran, dan komitmen cinta tanah air, diharapkan para santri semakin vokal untuk menyuarakan dan meneladankan hidup damai serta menekan lahirnya konflik di tengah-tengah keragaman masyarakat. Marilah kita tebarkan kedamaian, kapanpun, dimanapun, kepada siapapun,” jelas dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com