JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Duka Gempa Palu Belum Reda, Giliran Sebagian Wilayah Jawa Timur Diguncang Gempa

tempo.co
   
tempo.co

LUMAJANG – Duka gempa di Sulawesi Tengah masih masih belum berakhir, Kamis (11/10/2018) dini hari, gempa bumi giliran mengguncang sebagian wilayah di Jawa Timur.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan gempa bumi tersebut berkekuatan magnitudo 6,4. Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, titik gempa berada Bali Sea dengan letak geografis di 7.42 Lintang Selatan dan 114.48 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Posisi titik gempa tersebut berada di 61 kilometer Timur Laut Situbondo, 83 kilometer Tenggara Sumenep, 87 kilometer Timur Laut Bondowoso, 161 kilometer Barat Laut Denpasar dan 860 kilometer Tenggara Jalarta.

Baca Juga :  Yusril Nilai Permintaan untuk Mendiskualifikasi Gibran dalam Pilpres Terlambat

Dari informasi BMKG itu menyebutkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Belum diperoleh informasi apakah ada laporan kerusakan di Kabupaten Lumajang menyusul getaran gempa tersebut.

Gempa tersebut terasa cukup keras hingga membuat bangun orang yang sedang tidur. “Gempa sangat terasa,” kata Dian, warga Desa Selok Besuki Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang.

Gempa juga dirasakan hingga di Banyuwangi. “Guncangannya sangat keras,” kata Umi, warga Kelurahan Pengantigan, Kecamatan Banyuwangi Kota. Tidak hanya warga Lumajang dan Banyuwangi saja yang merasakan getaran gempa tersebut.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Warga di wilayah selatan Jawa Timur lainnya juga merasakan getaran Gempa Situbondo tersebut. Pipin, warga Sawojajar, Kota Malang cepat-cepat menyambar dan menggendong bayinya yang baru berumur satu bulan.

Warga Surabaya juga merasakan getaran gempa tersebut. “Surabaya juga merasalan gempa tersebut,” kata Findica, warga Lumajang yang berdomisili di Surabaya ini.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com