JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Ingin Bersepeda di Malioboro,  Aplikasi Jogjabike Solusinya

Ilustrasi sepeda. Foto: Pexels
   
Ilustrasi sepeda. Foto: Pexels

JOGJA – Untuk wisatawan yang akan mengunjungi kota gudeg atau Yogyakarta dan ingin bersepeda di kawasan Malioboro, kini ada aplikasi untuk mewujudkan keinginan tersebut. Pemkot Yogyakarta baru saja meluncurkan aplikasi jogjabike.

“Yang mau menikmati Yogyakarta dengan sepeda, kami sediakan sepeda berbayar. Caranya, unduh dulu aplikasinya,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat peluncuran jogjabike, Sabtu, (27/10/2018).

Saat ini fasilitas sepeda daring ini baru dapat dinikmati di kawasan Malioboro. Beberapa titik untuk mendapatkan sepedanya adalah di:pangkal jalan Malioboro, depan Inna Malioboro, Kepatihan, Titik Nol dan pasar Beringharjo. Sepeda berbasis daring ini ang murni buatan lokal Indonesia.

Baca Juga :  Majelis Pekerja Buruh Indonesia DIY: Perusahaan Tak Bayar THR Pasti Kami Laporkan

Kehadiran bikesharing iIni merupakan kerja sama Jogjabike dengan pemerintah kota Yogyakarta dalam program “Jogja Ada Sepeda”. Sepeda ini menggunakan perangkat smartlock.sehingga akan ketahun kalau ada yang mau membawa lari.

Tahap pertama ini, layanan bike sharing baru di sekitar Malioboro. Secara berkala akan ada 1.000 sepeda yang tersebar di berbagai fasilitas publik dan destinasi wisata.

Komisaris Jogjabike Triyanto mengatakan, secara kualitas baik aplikasi maupun sepeda tidak kalah dengan barang impor yang banyak di kota lain. Jogjabike ini lebih unggul dibandingkan aplikasi di China maupun Singapura karena tidak asal taruh saja. Setiap pemakai mulai start dan lalu finish, harus berada di ShelterPit yang telah disediakan.

Baca Juga :  2 Pengunjung Lapas Kelas II A Yogya Ditangkap Gegara Selundupkan Obat Terlarang

“Dari sisi spesifikasi sepeda, ini khas Yogya. Untuk ontelan matic, tidak berat dan ringan. Pas dengan kontur Kota Yogya yang mayoritas jalanannya rata,” kata dia. Ia yakin program ini, mampu mendukung pariwisata di Kota Yogyakarta. Yaitu menjadikan Jogjabike sebagai destinasi wisata baru.

“Harapannya, wisatawan menikmati Kota Yogyakarta sekarang bisa dengan sepeda. Mereka tinggal unduh aplikasi,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com