JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Ini 5 Tips Agar Suka Baca, Pertama Matikan Medsos, Selanjutnya…

   
pexels

JAKARTA – Sekarang lagi gencar-gencarnya digalakkan kegiatan literasi.  Memang memiliki kebiasaan membaca buku itu tidak mudah. Tapi sebenarnya ada tips-tips agar seseorang bisa menyukai kegiatan memabaca buku.

Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab  mengatakan, memang perlu kemampuan dan konsistensi tersendiri yang sudah diniatkan. Untuk itu, dia memperkenalkan tips-tips agar seseorang bisa menyukai kegiatan membaca.

Pertama, nonaktifkan notifikasi media sosial (medsos). Kendati medsos menjadi salah satu cara untuk berinteraksi dan berbagi via dunia maya, namun tidak dapat dipungkiri bahwa medsos memiliki daya tarik yang kuat sehingga menimbulkan kecanduan dan mengalihkan perhatian. Ini bisa membuat konsentrasi membaca jadi terbelah.

Kedua, membaca rutin 30 menit sehari. Kalau enggak bisa satu waktu, ya dicicil, misal pagi 5 menit, siang 5 menit, terus malam 20 menit,” tuturnya di hadapan para audiens dalam acara The Readers Fest 2018 di Gedung Tjipta Niaga, Kota Tua, Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Najwa menjelaskan bahwa membaca membutuhkan daya tahan. Daya tahan ini dinilai memerlukan skill yang dilatih. Selayaknya berolahraga seperti sprinter yang membutuhkan kemampuan berlatih agar mampu berlari dengan kencang dan maksimal, maka membaca pun membutuhkan kemampuan berlatih, semakin sering dilatih daya tahan membaca akan semakin kuat.

Ketiga, membaca apa saja. Biasakan diri membaca berbagai medium. Cari pengetahuan. Misalnya pagi baca koran, siang baca tugas kampus, sore baca majalah, atau sesekali baca status medsos,” jelasnya.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

Dia menjelaskan, jangan merasa membaca itu harus buku yang tebal. Cari buku yang betul-betul disukai dan tidak perlu merasa bersalah ketika tidak bisa menyelesaikan suatu buku karena itu bukan masalah, bersegeralah mencari buku-buku lain yang lebih disukai.

Keempat, cari teman, sekitar lebih dari dua orang. Dari pertemanan ini buatlah kegiatan membaca dan diskusi. Biasanya, jika memiliki teman membaca seperti ini paling tidak akan saling mengingatkan perkembangan bacaan sudah sampai halaman berapa.

Kelima, gunakan kesempatan membaca sebelum menonton film. Ini berlaku bagi buku-buku yang difilmkan. Membaca buku sebelum menonton film menjadi salah satu alasan untuk jatuh cinta pada membaca.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com