JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Sakdani Darmopamudjo, Sang Penerima Penghargaan Penegak Pers Pancasila itu telah Berpulang

Sebelum dimakamkan, jenazah almarhum Sakdani disemayamkan di rumah duka, Jl Nangka II/36 di Perumnas Palur, Kabupaten Karanganyar untuk mendapat penghormatan dari handai tolan, tetangga, wartawan, dan budayawan. Almarhum meninggalkan seorang istri, lima anak, dan 10 orang cucu.

Saat PWI Surakarta memperingati Hari Pers Nasional, Februari 2018 lalu, sejumlah pengurus PWI Surakarta pun bersilaturahmi kepada Sakdani di rumahnya. Kemudian sejumlah anggota IKWI juga menggelar acara di rumah Sakdani. Almarhum Sofyan Lubis beberapa pekan sebelum meninggal juga sempat mengunjungi Sakdani di rumahnya.

Baca Juga :  Ingin Protes ke Manejemen PSS Sleman, 900 Suporter dari Sleman Nekat ke Solo, Akhirnya Diciduk dan 150 Motor Diamankan

Semasa hidupnya, dihabiskan sakdani di dunia jurnalistik, kesusastraan dan literasi. Ia pernah mendirikan surat kabar mingguan berbahasa Jawa, Dharma Kandha dan Dharma Nyata. Ia juga pernah mendirikan harian Pos Kita serta Tabloid Opini.

Selain sebagai jurnalis, Sakdani pun terkenal sebagai penulis cerita pendek (cerpen) dan cerita bersambung berbahasa Jawa. Selain sebagai wartawan, ia juga berprofesi sebagai guru.

Advertisement

Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul, mengatakan dengan meninggalnya Sakdani, PWI Surakarta dan dunia kewartawanan di Surakarta merasa kehilangan teladan dalam dunia literasi di Surakarta. “Selain memiliki perhatian yang kuat terhadap dunia jurnalistik, Sakdani juga akrab dengan jagad budaya khususnya sastra jawa di Kota Bengawan. Karya-karya literasi di bidang budaya juga sudah banyak dia hasilkan,” ucapnya.

Baca Juga :  Ditemukan Klaster PTM di Solo, Gibran Instruksikan PTM Sekolah Lain Tetap Lanjut

Anas menilai Sakdani bukan tipikal orang yang pelit ilmu. “Ia sering mengajak diskusi dan sharing dengan wartawan-wartawan yang usianya jauh di bawahnya. Termasuk sharing tentang dunia sastra Jawa.” (Triawati Purwanto)

Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua