JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tes Seleksi CPNS Dijamin Bebas Calo, Kemenpan RB Lakukan Pengamanann Berlapis

Ilustrasi Rekrutmen CPNS
   
Ilustrasi Rekrutmen CPNS

JAKARTA – Tes seleksi penerimaan CPNS 2018 dijamin bebas dari praktik percaloan maupun praktik suap dan lain-lain. Pemerintah melalui Kemenpan RB memastikan seleksi akan berjalan tertib, dan tak ada celah bagi pihak-pihak tertentu bermain curang.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmadja menjamin kerahasiaan soal CPNS 2018 dengan pengamanan yang ketat dan berlapis.

“Pengamanan dilakukan berlapis. Seleksi ini sangat transparan, dan lepas dari intrik-intrik,” ujar Setiawan dalam keterangan tertulis, Senin (1/10/2018).

Setiawan menjelaskan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018 telah memiliki puluhan ribu bank soal yang dienkripsi dan dikunci oleh tiga lembaga negara. Untuk membukanya, kata Setiawan, harus dilakukan oleh tiga lembaga tersebut, tidak bisa hanya oleh satu instansi.

Baca Juga :  Tak Ingin Partai Ka’bah Hilang Karena Operasi Politik Jokowi, Ini yang Dilakukan PDIP

Ia mencontohkan Kementerian PANRB sebagai salah satu pemegang kunci, tidak bisa membuka soal itu sendiri tetapi  harus bersama dengan instansi pemegang kunci lainnya.

“Kami menjaga kerahasiaan soal dengan sistem ini sudah teruji,” kata dia.

Ia mengatakan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan diacak sehingga peserta satu dengan lainnya yang berada disamping kiri-kanan, depan dan belakang akan mengerjakan soal yang berbeda. Begitu peserta selesai mengerjakan soal dan menekan tombol selesai, jawaban juga akan dikunci dan nilai langsung muncul saat itu juga.

“Sistem digital seperti ini, tidak memungkinkan adanya calo. Jelas tidak ada celah untuk transaksi di sana,” tutur dia.

Baca Juga :  Hakim MK Diminta Tak Hanya Periksa Perbedaan Perolehan Suara, Todung: Pemilu Kali Ini Dipenuhi Berbagai Pelanggaran

Ia mengatakan selain pengamanan pada penguncian bank soal, pada lokasi tes ada pengamanan berlapis yang disiapkan panitia untuk mencegah berbagi bentuk kecurangan. Lapis pertama, adalah tempat para peserta menunggu ujian yang akan diawasi oleh panitia. Sedangkan lapis kedua adalah ruangan untuk penjelasan CAT. Pada lapis ketiga, sebelum masuk ruang ujian, peserta kembali diperiksa identitasnya untuk memastikan tidak ada kecurangan.

“Saat masuk ke ruangan lapis kedua ini, panitia atau pengawas melakukan penggeledahan terhadap peserta. Kalau ada peserta yang membawa alat-alat pasti ketahuan. Contoh tahun lalu ada yang ketahuan membawa jimat dan lain-lain, mereka langsung di-black list,” kata Setiawan soal pengamanan pada tes CPNS 2018.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com