loading...
Warga Sukorejo dan prajurit TNI bersemangat mengecor jalan setapak yang kini dilebarkan lewat proyek TMMD, Rabu (17/10/2018).

SRAGEN– Kehadiran program TMMD Reguler ke-103 di wilayah Desa Sukorejo, Sambirejo memang disambut sukacita oleh warga. Bukan tanpa alasan, berkah proyek TMMD itu ternyata memang sangat didambakan oleh warga di desa yang berlokasi di pucuk bukit di perbatasan Sragen-Jatim tersebut.

Proyek TMMD yang digelar dengan fokus pelebaran dan pengecoran jalan antar dukuh sepanjang 1,2 km itu memang sangat dinanti warga. Maklum, hampir puluhan tahun, jalan yang menghubungkan dua dukuh yakni Dukuh Segagan dan Dukuh Sukorejo itu, nyaris tak bisa dilalui.

Padahal keberadaan jalan itu sangat vital karena menjadi akses alternatif terdekat bagi warga antar dukuh. Tak heran, kondisi jalan yang selama ini hanya setapak dan terjal itu, seolah membuat warga di beberapa dukuh yang terpisah, ibarat terisolasi dari dukuh lain.

Loading...

“Awalnya jalan tersebut merupakan jalan setapak. Dengan adanya program TMMD Reguler ke 103 yang dilaksanakan Kodim 0725/Sragen nantinga jalan setapak dirubah menjadi jalan cor rabat beton dengan lebar 3 meter, ” papar Dandim Sragen, Letkol Kav Luluk Setyanto, Rabu (17/10/2018).

Ada lebih dari 100 Kepala Keluarga (KK) yang menghuni kedua dukuh itu. Hampir sebagian besar mengakui sudah lama menginginkan akses jalan yang lebar untuk memudahkan transportasi dan mobilitas untuk bertani maupun aktivitas lainnya.

“Hari ini yang menjadi harapan dan keinginan warga Segagan dan Sukorejo dapat terlaksana,” urai Dandim.
Ketua RT Segagan, Slamet mengungkapkan program pengecoran dan pelebaran jalan memang sudah lama diidam-idamkan warga. Sebab selama ini jalan itu memang sangat terjal dan butuh perjuangan berat bagi warga untuk melintasinya.

Karena manfaatnya akan banyak membantu warga lepas dari isolasi, ia menyebut program TMMD pengecoran jalan itu ibarat perwujudan sila kelima Pancasila yakni Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Sepertinya kita sebagai warga masyarakat harus selalu dekat dengan TNI” ungkapnya.
Selain itu dengan adanya pengecoran dan pelebaran jalan tersebut, ia menilai warga juga bisa dengan mudah memanfaatkan hasil kebun dan panenan untuk dibawa keluar daerah. Hal itu tentu akan sangat membantu menggerakkan roda perekonomian warga ke arah lebih baik.

Wardoyo

Loading...