JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

2 Nenek Miskin di Sumberlawang Sragen Puluhan Tahun Tidur Dengan Kambing. PMI Langsung Tergerak Rehab Rumahnya 

Tim PMI Sragen saat mengecek kondisi rumah Mbah Sutiyem di Dawung, Tlogotirto yang sudah reyot serta tidurnya bersebelahan dengan kambing tanpa sekat. Foto/Wardoyo


 

    Tim PMI Sragen saat mengecek kondisi rumah Mbah Sutiyem di Dawung, Tlogotirto yang sudah reyot serta tidurnya bersebelahan dengan kambing tanpa sekat. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Kisah miris kehidupan warga miskin menyeruak dari sudut barat Kabupaten Sragen. Di Desa Tlogotirto, Kecamatan Sumberlawang, dua orang nenek miskin selama puluhan tahun tinggal di gubuh reyot tanpa sekat bersama kambing piaraannya.

Dua nenek malang itu adalah Sukini (75) warga Dukuh Dawung RT 8, dan Sutiyem (80) warga Dukuh Dawung RT 9. Selain kondisi rumahnya reyot, kondisi ekonomi menjadi alasan kedua nenek itu terpaksa tidur tanpa sekat di dekat kambing-kambing piaraan mereka.

Advertisement
Baca Juga :  Fantastis, Budidaya Porang 1 Hektare Setahun Bisa Raup Untung Rp 218 Juta. Begini Analisa dan Penjelasan dari BPTP Jateng!

“Ya ada dua nenek yang tinggal di gubug enggak layak dan sama kambing. Mbah Sukini dam Sutiyem. Tapi Alhamdulillah hari ini mereka dibantu rehab rumah dari PMI Sragen,” papar Kades Tlogotirto, Riyono, di sela penyerahan bantuan rehab rumah tak layak huni (RTLH) dari PMI Sragen Rabu (21/11/2018).

Riyono tak menampik bahwa desanya memang salah satu desa dengan kemiskinan yang masih signifikan. Dari 1.400an KK, ada 681 KK diantaranya hidup di bawah garis kemiskinan.

Baca Juga :  Innalillahi, Polisi Ungkap Kepala dan Kerangka Tubuh Eko Ditemukan Berserak Terpisah Hampir 200 Meter di Gorong-Gorong

“Hampir separuhnya yang miskin. Ini bertahap kita kurangi. Kami juga berterimakasih bantuan dari Pemkab dan PMI,” urainya.

Ketua PMI Cabang Sragen, Suwarno menguraikan total ada 13 RTLH di Tlogotirto yang dibantu rehab dari PMI Sragen. Masing-masing penerima manfaat mendapat bantuan Rp 7,5 juta dan satu penerima diantaranya juga ditambah program jambanisasi.

Sehingga total dana yang dikucurkan PMI untuk RTLH di Tlogotirto ada Rp 119 juta.

Ketua PMI Sragen, Suwarno secara simbolis menyerahkan bantuan voucher RTLH kepada 13 warga miskin di Tlogotirto Sumberlawang Rabu (21/11/2018). Foto/Wardoyo
Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua