JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Digelar Sepekan, Grebeg Lawu di Tawangmangu Karanganyar Sajikan Beragam Kesenian Non Stop. Catat Jadwal dan Atraksinya Setiap Hari!

Pembukaan Grebeg Lawu di Tawangmangu Karanganyar. Foto/Humas


Pembukaan Grebeg Lawu di Tawangmangu Karanganyar. Foto/Humas

KARANGANYAR- Pemkab Karanganyar menggelar agenda Gerebeg Lawu di Tawangmangu. Selama sepekan sejak 25 November hingga 1 Desember, berbagai acara kesenian tradisional khas bumi intanpari bakak disajikan di sana.

Pembukaan Grebeg Lawu dilakukan langsung oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono 25 November 2018. Orang nomor satu di Karanganyar menaiki kuda dari lapangan Bener Tawangmangu menuju area terminal Karanganyar.

Arak-arakan itu terdiri dari batik carnival, gunungan buah dan sayur-sayuran, ratusan penari dan masyarakat setempat dengan membawa buah-buah dan sayur hasil bumi mereka.

Baca Juga :  Pendaki Gunung Lawu Meninggal Dunia Sesaat Setelah Buang Air

Sepanjang perjalanan menuju area terminal Tawangmangu, ribuan pasang mata dan wisatawan melihat arak-arakan tersebut.

Advertisement

“Gelar Grebeg Lawu akan digelar selama satu minggu dari mulai 25 Desember- 1 Nopember. Menampilkan kesenian dari berbagai daerah di Karanganyar,” papar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar, Tarsa selaku ketua panitia.

Dia menambahkan dalam satu pekan tersebut, akan diisi mulai dari Kirab budaya, parade reog, band dari pelajar. Untuk hari Senin ada ketoprak, Selasa gelar seni budaya dari SMP se- kabupaten Karanganyar. Rabu keroncong, Kamis gelar dalang bocah dan Jumat parade keroncong. Acara ditutup pada hari Sabtu dengan parade campur sari satu hari penuh.

Baca Juga :  Paryono Bantu Traktor untuk Petani Milenial yang Didirikan Pemuda Pancasila Karanganyar

“Kegiatan ini dilaksanakan sengkuyung dan partisipasti dari seluruh masyarakat Karanganyar,” imbuhnya.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua