JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Enam Tokoh Bakal Terima Gelar Pahlawan Nasional, Salah Satunya Abdulrahman Baswedan, Kakek Anies Baswedan

Pahlawan Nasional. Foto: Wikipedia
   
Pahlawan Nasional. Foto: Wikipedia

JAKARTA – Pemerintah akan memberikan gelar pahlawan kepada enam tokoh nasional bersamaan dengan Hari Pahlawan, 10 November 2018. Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos Pepen Nazaruddin menuturkan penganugerahan gelar pahlawan ini akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat.

“Direncanakan besok ada penganugerahan gelar pahlawan nasional untuk enam orang,” ujar Pepen kepada Rabu,(7/11/2018). Enam tokoh itu menurut kabar yang beredar di antaranya Abdulrahman Baswedan dari Yogyakarta. Ia merupakan kakek Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

Selain itu, Kasman Singodimedjo dari Jawa Tengah, Depati Amir dari Bangka Belitung, KH.Sjam’un dari Banten.

Kemudian Ibu Agung (Hj. Andi Depu) dari Sulawesi Barat dan Pangeran Muhammad Noor dari Kalimantan Selatan.

Pepen mengatakan keenam nama itu akan dipastikan esok. “Lihat besok,” katanya. Penghargaan gelar pahlawan rencananya bakal disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Kementerian Sosial telah menyerahkan 16 nama calon pahlawan nasional kepada Jokowi melalui Dewan Gelar. Menurut pihak Kementerian Sosial dalam siaran persnya, proses seleksi terhadap nama-nama pahlawan itu berlangsung sangat ketat. Adapun tokoh-tokoh yang diusulkan berasal dari sejumlah daerah di Indonesia dan mewakili multikulturalisme.

Baca Juga :  Gugatan PHPU Pilpres 2024, Mahfud MD Optimis Hakim MK Jatuhkan Putusan Monumental, Asal Berani

Penetapan tokoh untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional ini ditentukan oleh para anggota Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Aturan dewan gelar telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2010 tentang Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com