JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Giatkan literasi, SMP Al Abidin Kirim 120 siswa Ikuti Seminar Literasi di UNS

   
Dok SMP Islam Al Abidin

SOLO – Sebanyak 120 siswa SMP Islam Al Abidin Surakarta mengikuti Seminar Nasional Budaya Literasi yang digelar  Himpunan Mahasiswa FKIP UNS di auditorium kampus setempat, Rabu (31/10/2018).

Seminar yang mengusung tema  Literasi di Era Milenial tersebut digelar dalam rangka Pekan Bahasa dan Sastra 2018.

Acara ini merupakan puncak di antara serangkaian acara yang telah diadakan sebelumnya, seperti lomba baca puisi, lomba musikalisasi puisi dan lomba membuat cerpen.

Seminar nasional  tersebut menghadirkan pembicara nasional terkemuka seperti Tere Liye dan Dwitasari yang merupakan penulis novel kenamaan Indonesia, serta pembicara dari Badan Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Tere liye menekankan kepada peserta yang kebanyakan para milenial itu untuk bergiat dalam literasi.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

“Dengan literasi kita bisa menjadi pemenang dalam kontestasi global sekarang ini,” ujarnya, sebagaimana dikutip dalam rilis yang dikirim  Dwi Indah Royani, Guru SMP Islam Al Abidin ke Joglosemarnews.

Siswa yang dikirim ke seminar tersebut rata-rata penggemar novel-novel karya Tere Liye. Mereka sangat antusias mendengarkan wejangan dari novelis idola mereka sehingga setelah ini mereka bisa termotivasi untuk menulis novel.

Artinya, yang selama ini hanya menjadi pembaca dan penikmat novel saja, mereka termotivasi untuk menulis karya-karya literasi sendiri.

Dalam acara itu juga berlangsung penyerahan hadiah lomba literasi yang telah dilaksanakan sebelumnya. Dalam sesi itu, salah satu siswa kelas 7 SMP Islam Al Abidin, Latifatun Azzahra, diberi penghargaan juara 2 lomba baca puisi tingkat Jateng dan DIY.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

Di akhir acara, Tere Liye meluangkan waktu untuk memberikan tanda tangan di buku-buku karyanya yang dibawa para peserta seminar dan menyediakan waktu juga untuk berbincang-bincang ringan.

“Keikutsertaan sekolah kami dalam acara ini hanya salah satu kegiatan untuk menggalakkan budaya literasi peserta didik di sekolah,” jelasnya.

Dipaparkan Dwi Indah Royani, di sekolahnya   punya  banyak kegiatan literasi yang rutin dilaksanakan seperti kegiatan membaca bersama, kunjungan perpustakaan, lomba-lomba literasi, dan beberapa kegiatan yang mendukung lainnya. #suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com