JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Siswa SMKN 1 Panjatan Kulon Progo Ini Ciptakan Lotion Anti Nyamuk dari Daun Kenikir

   
tribunnews

JOGJA – Indonesia ternyata memiliki bibit-bibit yang potensial di berbagai bidang. Di bidang akademik, siswa SMKN 1 Panjatan Kulonprogo ini menunjukkan buktinya.

Adalah Adi Indra, siswa SMKN 1 Panjatan Kulon Progo yang berhasil mengembangkan lotion anti nyamuk ‘KITA’. Adi menyampaikan, komposisi lotion nyamuk ‘KITA’ terdiri dari jeruk nipis, daun kenikir, lanolin, aquades, gliserin, flavonoid dan citronella.

Ia menjelaskan, kandungan kimia flavonoid ini berfungsi sebagai inhibitor kuat.

“Citronella ini banyak digunakan sebagai minyak wangi alami, penolak serangga serta menjadi bagian dalam produk kecantikan rumah tangga,” ujar Adi saat mengikuti pameran Bulan Teknologi yang berlangsung di Taman Pintar Yogyakarta pada Kamis (15/11/2018.)

Baca Juga :  Leptospirosis Tewaskan 1 Warga di Sleman, 8 Lainnya Terpapar

Manfaat dari buah Jeruk Nipis pada umumnya yang banyak diketahui oleh masyarakat sebagai penghilang bau amis dan penyedap makanan.

Lebih sari itu, Jeruk Nipis memiliki berbagai manfaat lainnya, satu diantaranya dapat digunakan untuk mengusir nyamuk karena baunya  yang menyengat sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Selain Jeruk Nipis, daun kenikir ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan pengusir nyamuk.

Hal ini karena daun kenikir memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Seiring kemajuan teknologi, penggunaan bahan tradisional seperti ekstrak kenikir dan jeruk nipis makin

Adi menjelaskan proses pembuatan lotion anti nyamuk ini yakni destilasi minyak atsiri jeruk dan kenikir.

“Sebelum daun kenikir diekstrak, daun kenikir dikeringin diblender, kemudian dicampurkan dengan etanol dan didiamkan selama semalam,” lanjutnya kepada Tribunjogja.com.

Baca Juga :  Dua Orang Ini Resmi Jadi Buron Polres Bantul, Siapa yang Tahu Diimbau Lapor

Ia melanjutkan, proses mulai dari riset hingga memproduksi lotion memakan waktu sekitar satu hingga dua bulan.

“Produksinya masih di sekolah. Belum dipasarkan, masih dari kalangan sekolah yang membeli. Tapi untuk di pameran ini sudah ada beberapa yang membeli,” kata dia.

Selain lotion nyamuk, produk-produk karya siswa SMKN 1 Panjatan Kulon Progo lainnya yakni Sabun dari Kulit Pisang Kepok, Shampo dari Lidah Mertua dan pasta gigi dari daun sirih.

Ia menambahkan, produk karya siswa ini dijual dengan harga mulai dari Rp 3 ribu hingga Rp 20 ribu.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com