JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei LSI Denny JA. Imbauan Ustad Abdul Somad Paling Didengar Pemilih, Habib Rizieq Nomor 5, ini Hasil Lengkapnya

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Dennya JA, Ikrama M (kanan), dan moderator Rully Akbar (kiri), menjelaskan hasil survei terbaru mereka bertajuk Ulama dan Efek Elektoralnya di gedung LSI, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu, 14 Oktober 2018. TEMPO/Francisca Christy Rosana
   
Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Dennya JA, Ikrama M (kanan), dan moderator Rully Akbar (kiri), menjelaskan hasil survei terbaru mereka bertajuk Ulama dan Efek Elektoralnya di gedung LSI, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu, 14/11/2018) . Foto: tempo.co

JAKARTA-Ustad Abdul Somad merupakan ulama yang paling didengar imbauannya oleh pemilih. Hal itu berdasar survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA. Sementara pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab berada di posisi kelima.

“Dibanding lima ulama lainnya, persentase pemilih yang mengikuti imbauan Habib Rizieq hanya 17 persen,” ujar peneliti LSI, Ikrama M, dalam rilis efek elektoral ulama di gedung LSI, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu, (14/11/2018).

Persentase pengaruh Rizieq terhadap elektoral pun tercatat menurun. Pada 2016, ada 31,4 masyarakat mendengarkan imbauannya. Sedangkan pada 2018, angka itu menipis menjadi 17 persen. Ikrama memprediksi, fenomena ini terjadi karena ada sejumlah momentum atau peristiwa yang membelit pentolan FPI itu dalam kurun waktu dua tahun.

Baca Juga :  116 Laporan ke Bawaslu Tak Ditindaklanjuti, TPN Ganjar-Mahfud Bawa 10 Boks Alat Bukti ke MK

Tingkat kesukaan masyarakat pun menurun. Pada 2016, Rizieq disukai oleh 67,3 persen elektoral. Sedangkan pada 2018 hanya 52,9 persen yang menggemarinya.

Meski demikian, Rizieq tercatat sebagai ulama yang populer. Tingkat popularitasnya naik lebih-kurang 4,7 persen dari 2016 ke 2018. Pada Desember 2016, tingkat pengenalan masyarakat terhadap Rizieq 48,7 persen. Sedangkan pada Oktober 2018 menjadi 53,4 persen.

Sementara itu, ulama yang paling digugu oleh pemilih adalah Abdul Somad. Sebanyak 30,2 persen masyarakat mendengarkan imbauan dari tokoh agama yang populer dengan dakwahnya di media sosial ini. Adapun 82,5 persen pemilih di antaranya juga mengaku suka dengan ketokohannya.

Baca Juga :  Tak Ingin Partai Ka’bah Hilang Karena Operasi Politik Jokowi, Ini yang Dilakukan PDIP

Selain itu, berturut-turut masyarakat memilih Arifin Ilham (25,9 persen), Yusuf Mansur (24,9 persen), dan Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym (23,5 persen) sebagai sosok yang mereka dengar seruannya. Ketiga tokoh ini juga termasuk yang digemari masyarakat. Sebanyak lebih dari 70 persen pemilih mengaku suka dengan tiga ustad itu.

Survei ini dilakukan pada 10-19 Oktober 2018. Peneliti melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak di seluruh Indonesia. Metode survei tersebut menggunakan teknik wawancara tatap muka dan kuesioner. LSI mengklaim margin of error dari penelitian mereka 2,8 persen.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com