JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Untuk Kali Pertama, UNS Raih SNI Award

Humas UNS
   
Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS, Prof Widodo Muktiyo (kiri)  menunjukan penghargaan SNI Award. Humas UNS

SOLO– Untuk pertama kalinya, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih Standar Nasional Indonesia (SNI) Award dari Badan Standarisasi Nasional (BSN). Penghargaan tersebut diberikan di Jakarta pada Rabu (21/11/2018).

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS, Prof Widodo Muktiyo mengatakan, dalam penghargaan SNI Award ini, UNS meraih peringkat Perak.

“Jadi BSN kembali menggelar SNI Award 2018. Pemberian penghargaan SNI Award pada tahun ini adalah yang ke-14 kalinya sejak tahun 2005 sukses diselenggarakan,” terang Widodo saat menggelar jumpa pers di Gedung Rektorat UNS, Kamis (22/11/2018).

Widodo menambahkan, tahun 2017 lalu, SNI Award dianugerahkan kepada 50 organisasi dan perusahaan yang berkinerja baik dan konsisten dalam menerapkan dan mempromosikan SNI. Pada tahun 2018 ini, penghargaan SNI Award diberikan kepada 56 organisasi dan perusahaan. Organisasi yang mendaftar SNI Award, dari tahun ke tahun mengalami perubahan. Pada tahun 2015, sebanyak 151 organisasi yang mendaftar. Pada tahun 2016, sebanyak 108 organisasi/perusahaan. Pada tahun 2017, sebanyak 126 organisasi/perusahaan.

Baca Juga :  Sedang Merebak, Seorang Warga Kadipiro Solo Meninggal karena Leptospirosis

“Pada tahun ini, sebanyak 208 organisasi/perusahaan yang mendaftar. Dari jumlah tersebut lolos sampai tahap onsite atau kunjungan lapangan sebanyak 71 organisasi/perusahaan. Pada tahap berikutnya, penilaian oleh dewan juri, ditetapkan 56 organisasi/perusahaan sebagai penerima,” imbuh Widodo.

Widodo melanjutkan, proses penilaian SNI Award dilakukan secara ketat oleh tim juri yang diketuai pakar ekonomi Rhenald Khasali dengan beranggotakan 19 orang yang ahli di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian. Para juri berasal dari industri, pemerintah, perguruan tinggi, asosiasi maupun pakar management, good goverment, sosial ekonomi, dan financial.

Baca Juga :  Unik,  Puluhan Cosplayer Bagi-bagi Takjil Di  Jalan Gatot Subroto

Penerima SNI Award tahun 2018 terbagi menjadi 12 kategori, berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya mempunyai 10 kategori. Ada 2 kategori tambahan, yaitu kategori organisasi pendidikan menengah dan organisasi pendidikan tinggi yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional, dan berlaku sekurang-kurangnya 2 tahun atau sejak tanggal 1 Maret 2016.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas komitmen yang tinggi dalam menerapkan SNI secara konsisten dan berkelanjutan, berkinerja baik dan mampu menginternalisasi aspek sosial ekonomi dan lingkungan dalam organisasinya.

Diharapkan SNI Award dapat menjadi acuan organisasi untuk meningkatkan kinerja organisasi, karena SNI Award menilai berbagai aspek yang dapat mendorong kemajuan organisasi dalam mewujudkan kinerja yang lebih baik, termasuk manajemen dan kepemimpinan, fokus pada pelanggan, pengembangan sumberdaya, dan hasil bisnis. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com