JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Aneh, 11 Napi Perempuan Ini Menolak Keluar dari Penjara Meski Sudah Dinyatakan Bebas, Ternyata Karena Ini

   
Tempo.co

JAKARTA –  Biasanya, para narapidana merasa senang bila mendapatkan remisi atau pengurangan hukuman. Akan tetapi, 11 narapidan perempuan ini  bahkan menolak keluar dari penjara saat masa hukuman mereka sudah habis.

Fakta unik ini terjadi di penjara Dubai. Pasalnya, mereka sudah terlanjur merasa nyaman selama berada di tahanan.

Kolonel Jamila Khalifa Al Zaabi, direktur Penjara perempuan Dubai, mengatakan 11 tahanan perempuan tidak ingin meninggalkan penjara lantaran merasa nyaman karena dilayani sangat baik selama ditahan di lapas tersebut.

Bagian dari manajemen penjara adalah standar, program terstruktur yang bertujuan untuk merehabilitasi narapidana dan memastikan mereka diberi perawatan medis dan nutrisi yang tepat.

Mereka juga dapat tetap berhubungan dengan keluarga mereka, terutama anak-anak mereka, dan dapat hidup dalam lingkungan yang damai yang mirip dengan masyarakat normal, kata direktur.

Namun fasilitas yang semestinya digunakan untuk menghukum ternyata menjadi tempat yang nyaman dan mereka akui tidak pernah dialami di tempat lain.

Salah satu narapidana dari negara Arab, yang telah menjalani hukumannya, mengatakan dia menikmati kehidupan yang aman di penjara, sesuatu yang dia klaim tidak diperoleh di negara asalnya.

Tidak hanya dia diperlakukan dengan baik, dia juga dibimbing belajar keterampilan baru dan melakukan hobi favoritnya seperti melukis, katanya.

N-K, tahanan asing lain, mengatakan penjara perempuan itu lebih dari sekadar lembaga permasyarakatan. Lapas ini memiliki perpustakaan besar, ruang rekreasi untuk olahraga, ruang tamu, area terbuka yang luas untuk berbagai pertandingan, dan banyak lagi.

Mereka bebas berkeliling gedung dan kamar fasilitas dan memanfaatkan fasilitasnya.

Al Zaabi mengatakan Polisi Dubai tidak menghemat biaya soal perawatan yang mereka berikan kepada narapidana. Masalah kesehatan apa pun, termasuk yang mereka dapatkan sejak kecil, segera ditangani. Pemasok makanan penjara juga yang terbaik di negara ini.

Diskriminasi juga tidak memiliki tempat di balik jeruji karena perempuan, meskipun dari beberapa negara, dilihat dan dianggap setara, katanya.

“Administrasi penjara dan pihak berwenang bekerja sama untuk melaksanakan program dengan satu tujuan utama untuk memberi semua narapidana kesempatan yang mereka butuhkan untuk memulai hidup baru di akhir hukuman mereka,” kata direktur penjara Dubai tersebut. #tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com