JOGLOSEMARNEWS.COM Inspirasi

Mau Tahu Tahu Mobil Pernah Kena Banjir? Begini Caranya

Ilustrasi banjir
   
Ilustrasi

Membeli mobil bekas atau seken butuh kecermatan. Selain dari sisi tampilan, perlu juga diketahui dari sejarah kepemilikan mobil itu sebisa mungkin.

Misalnya, apakah mobil tersebut pernah terkena banjir atau pernah mengalami kecelakaan? Nah, untuk mengetahui hal itu, ada trik yang perlu diketahui.

Sebab, jangan sampai membeli mobil bekas dengan harga murah namun kondisinya parah dan harus mengeluarkan duit yang malah bisa menguras kantong lebih dalam.

Bagi pembeli awam, mungkin cukup sulit untuk mengidentifikasi mobil yang pernah terendam banjir, karena secara kasat mata, kondisi mobil yang pernah terendam banjir akan tampak sama dengan mobil bekas pada umumnya.

Apalagi bila mobil tersebut telah dipoles oleh si penjual. Mobil bekas terendam banjir masih bisa diidentifikasi melalui sejumlah cara.

Pelaku bisnis penjualan mobil bekas dari Garasi Online, Gregy Hardianto memberikan beberapa tip tentang cara mengidentifikasi mobil bekas yang pernah terendam banjir. Cara pertama adalah dengan mengecek bagian ruang mesin.

“Kalau secara fisik, bisa dilihat di ruang mesinnya. Biasanya mobil yang bekas banjir warna ruang mesinnya belang karena terendam banjir,” ujar Gregy, Sabtu ( 8/12/2018).

Selain itu, lakukan juga pengecekan pada kabin mobil. Mobil yang pernah terendam banjir biasanya menimbulkan aroma lembap yang tidak sedap, terutama pada bagian jok dan karpet. Aroma apak tersebut akan sulit hilang bila tidak dibersihkan dengan benar.

Berikutnya, lanjut dia, periksalah bagian-bagian tertentu pada mobil, seperti bagasi, sisi-sisi pintu ataupun kap mesin. Pada mobil yang pernah terendam banjir, biasanya akan timbul karat atau warna kusam pada bagian-bagian tersebut.

Pria yang telah berkecimpung di dunia jual beli mobil sejak 2 tahun terakhir ini menambahkan, mobil yang pernah terendam banjir juga bisa dilihat dari alamat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Jika alamatnya berada di kawasan yang rawan banjir, ada kemungkinan mobil tersebut pernah terendam.

“Tapi kalau ini enggak terlalu menentukan karena bisa saja STNK misalnya di Kelapa Gading, tetapi ternyata pemakaiannya di Depok,” kata dia.

Dalam kesempatan berbeda, Hamim, mekanik dari bengkel Berkat Service Station yang berada di kawasan Kelapa Dua, Depok, memberikan tips tambahan tentang cara mengidentifikasi mobil bekas yang pernah terendam banjir.

Cara yang dia sarankan adalah dengan memeriksa jalur perkabelan yang ada pada mobil. Bila ditemukan lumpur atau tanah merah, maka dapat dipastikan bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir.

“Walaupun dia dicuci sebersih apa pun tidak akan bisa hilang kotoran tanah merah itu,” ucap Hamim. #tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com