JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tak Perlu Khawatir,  Jalan Tol Trans Jawa Dilengkapi 31 Titik SPBU Selama Mudik Natal dan Tahun Baru

   
Ilustrasi

JAKARTA – Bagi masyarakat yang akan  mudik liburan Natal dan Tahun Baru melintasi Tol Trans Jawa, tak perlu khawatir bakal kehabisan  bahan bakar.

Pasalnya, PT Pertamina (Persero) telah menyiapkan sebanyak 31 titik SPBU serta fasilitas penunjang di sepanjang jalur tersebut.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Adiatma Sardjito mengatakan dengan dibukanya akses jalan tol Trans Jawa, pihaknya akan mengoptimalkan tambahan layanan BBM seperti 31 layanan KiosK Pertamax, 16 Motor Kemasan dan 19 Mobil Dispenser di rest area sepanjang jalur Tol tersebut.

Dalam keterangan  Jumat ( 21/12/ 2018), dikatakan  Pertamina mendukung pengoperasian tol Trans Jawa yang secara resmi sudah beroperasi, dengan menyiapkan layanan BBM bagi masyarakat yang akan melintas di ruas tol tersebut selama masa libur Natal dan tahun baru.

Baca Juga :  NasDem Mulai Bermanuver, PKS Tak Mau Bertemu Prabowo Sebelum Ada Ketetapan MK

Adiatma mengatakan, tempat istirahat dan parking bay jalur tol Trans Jawa dari Merak Pasuruan terdapat 57 titik, dimana terdapat 39 titik Rest Area tipe A (Rest Area dengan fasilitas SPBU) dan 18 titik Rest Area tipe B (Rest Area tanpa fasilitas SPBU).

“Berkaca pada pengalaman SATGAS Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2018, pengoptimalan beberapa titik tol fungsional sebelumnya dengan disediakan kios kemasan pertamax yang menjual BBM kemasan, mobil dispenser hingga motor kemasan dapat membantu masyarakat memperoleh kebutuhan BBM terutama juga dapat mengurai kemacetan selama mudik,” katanya.

Selain itu, sepanjang jalur tol trans Jawa sudah terdapat 31 SPBU yang beroperasi dan siap melayani kebutuhan BBM masyarakat.

Adiatma menerangkan secara keseluruhan Pertamina memprediksikan kenaikan konsumsi penyaluran BBM jenis Gasoline sebesar 99,7 ribu Kilo Liter (KL) atau naik 5,6 persen dari kondisi normal, sementara BBM jenis Gasoil naik sekitar 2,5 persen dari kondisi normal yaitu sebesar 41,2 ribu KL.

Baca Juga :  PPP dan TPN Ganjar-Mahfud Ajukan Gugatan PHPU di MK Hampir Bersamaan

Pada SATGAS Natal dan Tahun Baru (NARU) tahun ini, diprediksi permintaan tertinggi konsumsi BBM akan terjadi pada Sabtu, 22 Desember 2018 dimana pada waktu tersebut bersamaan dengan libur panjang cuti bersama dan libur anak sekolah. Sedangkan, arus balik tertinggi diprediksi pada Sabtu, 5 Januari 2019.

Kami berharap tambahan titik layanan BBM di ruas Tol Trans Jawa ini mampu mengoptimalkan pelayanan selama Natal dan Tahun Baru sehingga mampu mencukupi kebutuhan masyarakat selama periode libur panjang tersebut. katanya. #tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com