JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

2 Rumah Kontrakan di Gemolong Sragen Digerebek Polisi, 17 Remaja dan Cewek ABG Diamankan Dalam Kondisi Mengenaskan

Wakapolsek Gemolong, Iptu Aji Wiyono saat melakukan pencerahan kepada 17 ABG dan remaja yang ditemukan terlantar di dua rumah kontrakan karena tergiur bisnis MLM *-Net, Selasa (8/1/2019) malam. Foto/Wardoyo
   
Wakapolsek Gemolong, Iptu Aji Wiyono saat melakukan pencerahan kepada 17 ABG dan remaja yang ditemukan terlantar di dua rumah kontrakan karena tergiur bisnis MLM *-Net, Selasa (8/1/2019) malam. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Polsek Gemolong menggerebek dua rumah kontrakan di Dukuh Ketagan RT 3, Kelurahan Gemolong, Gemolong, Selasa (8/1/2019) malam. Sebanyak 17 remaja berusia belasan hingga 20 tahun ditemukan dalam kondisi mengenaskan.

Mereka terlantar di rumah kontrakan akibat tergiur janji penghasilan besar dari bisnis berlabel *-Net dengan modus multilevel marketing (MLM) yang disebut berpusat di Sragen Kota. Ironisnya, mereka sudah hampir berbulan-bulan bertahan dalam kondisi sangat memprihatinkan.

Dari 17 orang yang diamankan, 12 diantaranya adalah remaja pria dengan rentang usia 19 hingga 20 tahun. Sedangkan 5 lainnya adalah remaja putri dengan usia di bawah 20 tahun dan ada 3 yang masih di bawah umur.

Saat kali pertama ditemukan, sebagian diantaranya dalam kondisi kelaparan dan penampakan lusuh. Data yang dihimpun di lapangan, penggerebekan dilakukan sekitar pukul 18.30 WIB.

Baca Juga :  Puluhan Warga Geruduk Kantor Desa Pilang Masaran Sragen Tolak Pembangunan Tower, Warga: Ini Masalah Kesehatan Kami

“Awalnya kemarin malam kami menerima informasi dari Wonosobo kalau ada ibu-ibu melapor ke polisi bahwa cucunya telah hilang selama 3 bulan. Kemudian ada informasi terlacak dari HP, bahwa cucunya itu terdeteksi ada di Gemolong. Akhirnya kami lakukan penyisiran dan tadi malam kami temukan cucunya di dalam sebuah rumah kontrakan. Di rumah kontrakan itu, ternyata juga ada temannya sekitar 16 orang,” papar Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kapolsek Gemolong AKP I Ketut Putra, Selasa (8/1/2019) malam.

Menurut Kapolsek, karena kondisinya memprihatinkan, semua remaja dan ABG itu yang diketahui berasal dari luar Sragen itu, kemudian diamankan di Mapolsek untuk dimintai keterangan.

Wakapolsek Gemolong, Iptu Aji Wiyono menguraikan total ada 17 remaja dan ABG yang dibawa ke Mapolsek.

Baca Juga :  ASN Sragen Mendapatkan Layanan Penukaran Uang Baru dari Bank Indonesia Solo

Menurutnya, saat kali pertama ditemukan, mayoritas dalam kondisi kekurangan makan. Mereka tinggal di dua rumah kontrakan dalam jarak cukup dekat.

Dari pengakuan mereka, mereka tergiur direkrut seseorang dengan janji dapat hasil yang besar seperti multilevel. Syaratnya mereka harus menyetor Rp 8,7 sampai Rp 9 juta ke leader atau yang bertugas merekrut anak buah agar bisa mendapat gaji besar.

“Saat kami tanya, sebagian besar mau pulang tapi enggak punya uang. Kadang sehari cuma makan sekali. Karena kondisinya memprihatinkan, akhirnya kami bawa ke Mapolsek untuk dilakukan pendataan,” terang Wakapolsek.

Menurutnya, saat ini para remaja dan ABG itu sudah diamankan di Mapolsek. Polisi juga masih mendalami kasus itu apakah ada unsur tindak pidananya atau pelanggaranya.

“Mereka dijanjikan kerja enak tapi penghasilan besar,” tandasnya. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com