JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Direktur IKP Kemenkominfo: BPJS Itu Gotong Royong Untuk Kesehatan Masyarakat!

Direktur IKP Kemenkominfo, Wiryanta (kiri) bersama Jubir Kepresidenan Johan Budi saat menyerahkan wayang ke dalang Ki Warseno Slenk penanda dimulainya sosialisasi program JKN melalui wayang kulit di Alun-alun Ngawi, Sabtu (19/1/2019) malam. Foto/Wardoyo
   
Direktur IKP Kemenkominfo, Wiryanta (kiri) bersama Jubir Kepresidenan Johan Budi saat menyerahkan wayang ke dalang Ki Warseno Slenk penanda dimulainya sosialisasi program JKN melalui wayang kulit di Alun-alun Ngawi, Sabtu (19/1/2019) malam. Foto/Wardoyo

NGAWI- Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemenkominfo, Wiryanta menegaskan bahwa program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui BPJS Kesehatan digagas untuk  membangun semangat gotong rotong kesehatan.

Hal itu disampaikan saat menghadiri acara roadshow sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Alun-alun Kabupaten Ngawi, Jawa Timur Sabtu (19/1/2019) malam.

Sosialisasi yang diprakarsasi Kemenkominfo itu digelar melalui pertunjukan wayang kulit dengan tema Jaminan Kesehatan Nasional Untuk Indonesia Sehat.

“Prinsip dasar JKN melalui BPJS Kesehatan itu adalah gotong royong untuk kesehatan masyarakat. Tentu saja harus diajak bersama-sama menjadi peserta BPJS aktif atau mandiri,” paparnya.

Baca Juga :  Terbukti Langgar Kode Etik, Pelapor Kecewa Anwar Usman Hanya Diberi Teguran Tertulis

Wiryanta menggambarkan prinsip gotong royong itu lantaran peserta tidak sakit, maka dananya bisa dimanfaatkan  oleh saudara sesama yang memerlukan pengobatan. Menurutnya, lewat program JKN dan BPJS Kesehatan itu, pemerintah ingin mendorong semangat  gotong royong masyarakat di bidang kesehatan.

“Karena kesehatan itu kebutuhan dasar manusia,” urainya.

Sementara, Bupati Ngawi Budi Sulistyono menyebut sebuah kehormatan, daerahnya dijadikan tempat untuk sosialisasi program nasional oleh Kemenkominfo pusat. Ia memandang selain menghibur, sosialisasi lewat wayang kulit itu juga bisa menjadi sarana memberikan gambaran kepada masyarakat betapa hebatnya negara mengurus kesehatan rakyatnya.

Baca Juga :  NasDem Mulai Bermanuver, PKS Tak Mau Bertemu Prabowo Sebelum Ada Ketetapan MK

“Betapa negara sangat memperhatikan sampai kesehatan saja diurus diperhatikan dan diayomi. Karena itu hak dasar bagi masyarakat,” katanya.

Ia meyakini masyarakat Ngawi sangat kompak. Ia berharap masyarakatnya bisa memanfaatkan betul keberadaan program JKN dan BPJS Kesehatan.

“Saya berharap tidak ada satu pun warga yang lolos dari fasilitas kesehatan yang diberikan pusat dan daerah,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com