JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Keren. SMPN 1 Grogol dan MIN Jetis Sukoharjo Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

Penyerahan penghargaan Adiwiyata Nasional.
   
Penyerahan penghargaan Adiwiyata Nasional.

SUKOHARJO-Dua sekolah di Sukoharjo, yakni SMPN 1 Grogol dan MIN 2 Jetis Sukoharjo menerima penghargaan sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2018. Penghargaan diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelumnya ada empat sekolah di Kabupaten Sukoharjo maju lomba sekolah adiwiyata tingkat nasional. Meliputi MIN 2 Sukoharjo, SMPN 1 Sukoharjo, SMPN 1 Grogol dan SD Tarakanita Grogol, akhirnya terpilih dua sekolah tersebut.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo Agus Suprapto mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada sekolah yang telah melaksanakan kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan baik. Penghargaan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK.577/MENLHK/P2SDM/SDM.2/12/2018.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Tentunya prestasi ini patut disyukuri dan dibanggakan bagi Sukoharjo karena ada dua sekolah yang berprestasi,” ujar Agus, Jumat (11/1/2019).

Menurut dia, penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional diberikan kepada sekolah yang telah menerapkan konsep sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Meliputi kurikulum, anggaran sekolah yang berbasis lingkungan serta sarana prasarana sekolah yang berwawasan lingkungan. Hal itu sesuai dengan peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 05 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Sekolah Adiwiyata.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Penghargaan tersebut diharapkan memicu sekolah lain untuk menjadi Sekolah Adiwiyata yang dilaksanakan secara berjenjang. Meliputi Sekolah Adiwiyata Kabupaten, Sekolah Adiwiyata Provinsi dan Sekolah Adiwiyata Nasional.

“Dengan pengelolaan lingkungan hidup sejak usia sekolah ini diharapkan akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Sukoharjo,” tegas dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com