JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Pemberontak Ledakkan Kuil di Thailand dan Tembaki Para Biksu

diberondong tembakan
Ilustrasi penembakan. Dok
   

JAKARTA – Insiden yang melukai nilai kemanusiaan terjadi di Thailand. Segerombolan pria bersenjata menembaki kuil umat Budha Rattanupap di wilayah Selatan Thailand, Jumat, Sabtu (19/1/2019).

Aksi brutal itu terjadi di Distrik Su-ngai Padi, Provinsi Narathiwat, Thailand, di mana mayoritas masyarakatnya beragama Islam.

Tembakan beruntun yang dilepaskan oleh para pelaku tersebut sempat menewasakan  pemimpin dan wakil pemimpin kuil serta melukai dua orang biksu.

Ditengari, aksi tersebut dilakukan oleh sedikitnya enam orang pria bersenjata yang  mengenakan pakaian seragam polisi Thailand. Aksi pertama  meledakkan kuil, yang kemudian disusul dengan tembakan beruntun.

Diduga, gerombolan pria penembak tersebut merupakan  kelompok pemberontak Barisan Revolusi Nasional. Namun motif dan identitas gerombolan penembak kuil Budha di provinsi yang mayoritas beretnis Melayu itu belum diketahui.

Perdana Menteri Prayut Chan-ocha bersama tokoh agama lainnya mengutuk serangan ke kuil Budha di provinsi yang dihuni para pemberontak anti pemerintah Thailand itu.

“Perdana Menteri mengutuk tindakan keterlaluan dan telah memerintakan pejabat untuk secepatnya menginvestigasi peristiwa ini dan menangkap pelaku kriminal,” ujar kantor perdana menteri dalam pernyataannya.

 

Sementara itu, tokoh Muslim Thailand juga menegaskan bahwa pihaknya menentang penembakan terhadap para biksu itu.

“Kami mendesak pelaku kekerasan di provinsi perbatasan selatan dari semua sisi untuk menghentikan pembunuhan orang-orang tidak berdosa dan tokoh-tokoh agama,” ujar pernyataan kantor Islam Sheikhul.

Pembunuhan para biksu telah menambah dimensi agama pada konflik yang berakar pada etnis dan ketegangan negara.

Pemberontakan separatis di bagian selatan Thailand yang sudah berlangsung selama lebih dari 15 tahun telah menewaskan 6.900 orang dan melukai 13.000 orang.

Sedikitnya 23 biksu dari sejumlah kuil Budha di Thailand telah terbunuh dan lebih dari 20 orang terluka sejak 2004. Namun tidak terjadi penyerangan pada biksu sejak 2015.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com