JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Ternyata 6 Desa di Kecamatan Weru Sukoharjo Masih Butuh Bantuan Air Bersih

Ilustrasi bantuan sumur bor bagi warga. Foto/JSnews
   
Penyerahan bantuan sumur bor bagi warga Kecamatan Weru, Sukoharjo.

SUKOHARJO-Sedikitnya enam desa di Kecamatan Weru Sukoharjo masih mengalami kekeringan saat kemarau tiba. Keenam desa tersebut pun masih memerlukan bantuan air bersih.

Kasi Trantib Kecamatan Weru Sriyanto mengatakan, sudah ada sejumlah langkah untuk mengatasi kekeringan itu. Di antaranya adanya vabtuan sumur bor dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Bantuan telah diberikan beberapa waktu lalu oleh Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Dewan Energi (DEN), Sugeng Mujianto.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Kami berharap masyarakat dapat memelihara dan menggunakan sumur bor dan menggunakannya secara maksimal. Perlu diketahui Kecamatan Weru ada beberapa desa, tepatnya 6 desa yang secara geografis terletak di dataran tinggi. Di desa-desa itu masih dilaksanakan droping air saat mangalami kekeringan air bersih,” ungkap dia, Jumat (11/1/2019).

Secara keseluruhan, jelas dia, bantuan sumur bor tahun 2018 di wilayah Weru ada sebanyak 6 unit. Meliputi Desa Karangmojo 2 unit, Desa Karakan 1 unit, Desa Tegalsari 1 unit, Desa Weru 1 unit, dan Desa Kedungjambal 1 unit.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Sumur bor tersebut memiliki kedalaman 100-125 meter, debit air rat-rata 2 liter/detik. Kontruksi sumur berupa pipa besi galvanis berdiameter 6 inchi, dengan pasokan genset kapasitas 10 KVA.

“Setiap sumur bor mampu melayani kebutuhan air bersih sampai dengan 2.800 jiwa penduduk,” terang dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com