JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Terungkap, Ini Penyebab Harga Cabai Telur dan Daging Ayam Turun di Sukoharjo

Operasi pasar di Pasar Gawok, Sukoharjo, beberapa waktu lalu
   
Operasi pasar di Pasar Gawok, Sukoharjo, beberapa waktu lalu

SUKOHARJO-Sejumlah barang dagangan di pasar tradisional Sukoharjo mengalami penurunan. Di antaranya cabai keriting, telur ayam, dan daging ayam.

Penurunan harga disebabkan sejumlah faktor. Meliputi persediaan barang di pasaran yang cukup melimpah. Selain itu dipengaruhi pula oleh stabilnya permintaan barang oleh konsumen.

Informasi yang diperoleh dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo, dibandingkan akhir tahun lalu, hingga sepekan ini terjadi penurunan harga komoditi cabai keriting. Hal serupa terjadi pada komoditi telur ayam ras dan daging ayam ras.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Pada 31 Desember 2018, harga cabai keriting adalah Rp 35 ribu per kilogram. Saat ini dibandrol Rp 30 ribu per kilogram atau mengalami penurunan 14,29 persen.

Sementara telur ayam ras dan daging ayam ras pada pengujung 2018 dihargai Rp 26 ribu dan 35 ribu per kilogram. Per tanggal 7 Januari 2019 menjadi Rp 24 ribu dan 35 ribu per
kilogram.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Penurunan harga tersebut disebabkan setidaknya dua faktor. Yakni persediaan barang yang cukup melimpah dan permintaan konsumen yang relatif stabil,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo, Sutarmo.

Penurunan itu, menurut dia masih dalam batas wajar. Sementara menurut pantauan dan pengawasan, persediaan komoditi masih aman dan mencukupi. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com