JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

TNI dan Warga Bersihkan Sampah  di Alur Sungai Gamping Cawas Klaten

Dok Kodim Klaten
   
Dok Kodim Klaten

KLATEN—  TNI, Polri,  BBWS Bengawan Solo,  Kepala Desa Nanggulan,  perangkat dan warga    di  sekitar  Desa Nanggulan, Kecamatan  Cawas  Kabupaten  Klaten bergotong royong  membersihkan  tumpukan  sampah  dan  rumpun  bambu  di  alur  Sungai  Gamping.

Aksi  sosial ini dipimpin  langsung Muspika Cawas, Camat  Cawas, Sofan, Danramil 20 Cawas Kapten Inf Ghofar Afrozi dan Kapolsek Cawas AKP Anggono. Kegiatan ini    melibatkan  unsur  TNI-Polri,  Aparatur Sipil  Negara  (ASN)  di wilayah  Cawas , Aparat  Desa   Nanggulan,  Balai  Besar  Wilayah  Sungai  Bengawan  Solo dan Masyarakat.

Dalam rilisnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM Camat  Cawas, Sofan menyampaikan bahwa aksi sosialberupa kerja bakti ini menyasar pembersihan sampan dan rumpun bambu yang ada di bawah jembatan Dukuh Saban, Nanggulan, Klaten.

“Kita bersama  Muspika  TNI  Polri, ASN, Perangkat Desa,  Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo,  masyarakat Di Desa Nanggulan Kecamatan  Cawas kerja bakti mengerjakan  pembersihkan  sampah  dan rumpun bambu yang nyangkut  di Jembatan Dukuh Seban Desa Nanggulan Ini berpotensi terjadinya  banjir dan tanggul jebol,” kata  Camat  Cawas  Sofan Selasa (15/1/2019).

Baca Juga :  Warga Juwiring Klaten Ini Hilang Terbawa Arus Sungai Bengawan Solo, Masih Sempat Melambaikan Tangan pada Kakaknya Sebelum Lenyap

Dikatakan Sofan,  jika sampah  tidak segera dilakukan pembersihan akan mengkhawatirkan  masyarakat  di wilayah tersebut . “Tumpukan  sampah  ini  cukup  banyak  dan  ada  rumpun  bambu  yang terbawa bajir di alur sungai  Gamping Jika tidak  segera dibersihkan  bisa meluap masuk  ke persawahan dan pemukiman  warga serta jebolnya tanggul di sini,” tambahnya.

Mengingat curah hujan yang tidak menentu dan  maka pihaknya  meminta  kepada  masyarakat  di wilayah Kecamatan  Cawas untuk tetap  waspada. Terutama yang  berada di sepanjang  alur Sungai Gamping dan sungai Dengkeng.

“Selain  itu kami juga  terus  melakukan  koordinasi  dengan  para relawan  di wilayah  itu agar bila terjadi sesuatu  dapat segera dilakukan  penanganan secara cepat,”

Sementara itu Danramil 20/Cawas Kapten Inf Ghofar Afrozi turun langsung kerja bakti pembersihan tumpukan sampah,  tanpa rasa canggung Danramil turun ke sungai dengan ikut membaur bersama anggota  membersihkan sampah yang ada di sungai.

Baca Juga :  Warga Juwiring Klaten Ini Hilang Terbawa Arus Sungai Bengawan Solo, Masih Sempat Melambaikan Tangan pada Kakaknya Sebelum Lenyap

“Dengan Kondisi tersebut Personel Koramil 20 Cawas serta masyarakat melaksanakan kerja bakti pembersihan sampah  yang menumpuk ini akibat terbawa air dari atas dan berhenti di sini akhirnya menumpuk karena aliran airnya yang tidak lancar,” ujarnya.

 

Ghofar Afrozi  juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu peduli lingkungan dan menjaga sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai.

“Kami berharap agar masyarakat turut peduli dan menjaga lingkungan kita, bila mana lingkungan kita bersih akan menjadi sehat, dan kami juga menghimbau agar tidak membuang sampah ke sungai, karena bisa mengakibatkan aliran air tidak lancar dan menyebabkan banjir pada musim penghujan saat ini,” tutup Danramil. Marwantoro S/ Pendim 0723/Klaten

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com