JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UNS Tetapkan Lima Bakal Calon Rektor, ini Nama-namanya

Humas UNS
   
Humas UNS

SOLO– Panitia Pemilihan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menetapkan lima nama bakal calon (Balon) Rektor UNS. Kelima nama tersebut akan mengikuti pemilihan Rektor UNS Surakarta periode 2019-2023.

Kelima balon Rektor UNS Surakarta tersebut yakni Jamal Wiwoho, Mohammad Furqon Hidayatullah, Muhammad Nizam, Sutarno, dan Widodo Muktiyo. Ketua Senat UNS, Suntoro menyampaikan, pada rapat verifikasi berkas administrasi yang dilakukan oleh panitia pemilihan rektor UNS dilakukan penelitian kelengkapan dan keabsahan lima berkas administrasi Bakal Calon Rektor UNS periode 2018-2023. Hasil verifikasi menyatakan kelimanya memenuhi persyaratan administratif.

Baca Juga :  Boneka Jokowi Dibakar Pendemo di Kota Solo, Tuntut Pemakzulan Presiden

“Kelima nama tersebut selanjutnya akan mengikuti tahapan penyaringan. Pada tahap itu, masing-masing dari mereka menyampaikan visi misi pada sidang senat terbuka. Selanjutnya dilakukan pada rapat senat tertutup yang akan dilakukan pada 6 Februari 2019,” urainya, Jumat (11/1/2019).

Ditambahkan Suntoro, rapat senat tertutup akan diikuti oleh anggota senat yang memiliki hak pilih dan kemungkinan akan dihadiri oleh utusan dari Kemenristekdikti namun utusan ini tidak punya hak suara.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNS, Sahid Teguh Widodo mengatakan pada sidang senat terbuka bisa dihadiri oleh semua unsur yang ada di UNS, di antaranya perwakilan dosen, mahasiswa, Kemenristekdikti, dan alumni.

Baca Juga :  Desak Pemakzulan Jokowi,  Aksi Demo di Depan Balaikota Solo Diwarnai Aksi Bakar Ban

“Pada sesi tersebut dibuka tanya jawab. Semua peserta dibatasi waktu, yaitu satu pertanyaan hanya dua menit. Bakal calon maksimum menjawab dalam waktu lima menit. Kemudian melalui sidang senat tertutup akan terpilih tiga nama dari lima nama tersebut. Melalui sistem voting, tiga nama ini disebut dengan calon Rektor. Satu orang haknya satu contrengan. Selanjutnya akan ada tahap pemilihan satu rektor tetapi untuk waktunya belum kami tentukan, menyesuaikan jadwal menteri (Menristekdikti, red) yaitu antara tanggal 13-30 Maret 2019,” tukasnya. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com