JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Berwisata ke Jogja Sambil Merawat Kesehatan Tubuh, Mengapa Tidak?

   
Tempo.co

JOGJA – Selama ini Kota Yogyakarta terkenal dengan sebutan kota wisata dan budaya. Belakangan muncul gagasan untuk megembangkan Yogyakarta sebagai kota wisata sekaligus untuk perawatan kesehatan.

Konsep itu dipicu dengan mendesaknya kebutuhan  perawatan pasien paliatif (yang sudah tidak dapat disembuhkan lagi) di Kota Yogyakarta.

Pelayanan medis untuk pasien paliatif seperti ini,  idealnya ada di setiap daerah. Tapi, di Indonesia, sebagian besar belum memilikinya, termasuk Yogyakarta.

Peneliti senior yang juga Kepala Departemen Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Christantie Effendy menuturkan sudah saatnya Yogya mengembangkan fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) mandiri untuk menangani pasien paliatif.

“Untuk Yogya kan belum ada fasyankes untuk pasien paliatif ini, sedangkan di Indonesia baru ada seperti di Jakarta, Bogor, dan kota besar lain,” ujar Christantie di sela peringatan World Cancer Day di Klinik Lotus Care, Gamping, Sleman, Yogyakarta Sabtu (9/2/2019).

Baca Juga :  2 Motor Kejar-kejaran Tengah Malam Hingga Terjadi Kecelakaan di Sleman, Diduga Aksi Klitih

Christantie menuturkan fasyankes ini seperti kumpulan praktik perawat bersama yang memiliki kompetensi. Sejenis praktik dokter bersama yang kini sudah tumbuh di berbagai kota.

Hanya saja untuk fasyankes ini ranahnya penanganan nonmedis kepada pasien paliatif, sehingga mereka tak perlu harus sampai menginap di rumah sakit. Melainkan bisa dilayani di manapun termasuk di rumahnya masing-masing.

“Misalnya untuk pasien diabetes perawatan lukanya sampai penyembuhannya makan waktu lama, jika harus mondok di rumah sakit bisa membuat pasien jenuh,” ujarnya.

Begitu halnya untuk pasien penderita kanker, ketika harus rawat inap lama akan membuatnya bosan dan kualitas hidupnya berpotensi menurun.

“Jadi adanya fasyankes-fasyankes seperti itu perlu, sebagai alternatif jika pasien paliatif menolak mondok di rumah sakit,” ujarnya.

Christantie menuturkan, Yogya sebagai kota wisata sebetulnya cocok untuk mengembangkan fasilitas layanan kesehatan mandiri untuk paliatif itu. Konsepnya berwisata sambil perawatan.

Baca Juga :  Intensitas Guguran Lava Gunung Merapi Tinggi, Warga Diimbau Tak Beraktivitas di Daerah Potensi Bahaya

“Jadi ketika ada wisatawan yang datang itu sakit, tetap bisa mendapat layanan perawatan melalui fasyankes mandiri itu tanpa harus ke rumah sakit,” ujarnya.

Christantie menilai belum tumbuhnya fasyankes mandiri untuk pasien paliatif, karena regulasi yang mengatur soal praktik perawat bersama itu juga belum tersosialisasi. Sehingga saat ini para perawat orientasinya melakukan praktik sendiri misalnya dalam wujud mantri di perdesaan.

“Baru tiga tahun terakhir ini kesempatan perawat untuk praktik mandiri bersama juga baru ada,” ujarnya.

Manajer Operasional Klinik Lotus Care Wawan Febri Ramdani menuturkan saat ini pihaknya masih dalam tahap mengajukan diri sebagai fasilitas layanan kesehatan atau fasyasankes di Yogya yang bisa melayani perawatan paliatif khususnya perawatan luka karena diabetes dan kanker.

“Perawatan paliatif intinya memberikan kenyamanan bagi pasien kronis sehingga mereka bisa meningkatkan kualitas hidup apa pun kondisi yang dihadapi,” ujarnya. #tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com