JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Hujan Angin Robohkan Puluhan Pohon, Bangunan dan Rumah, Tiga Mobil Tertimpa Pohon

   
Ilustrasi/tempo.co

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Puluhan pohon tumbang, bangunan rumah dan rumah roboh serta tiga mobil rusak tertimpa pohon.

Itu adalah dampak dari hujan disertai angin kencang yang menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Jumat  (22/2/2019) sore.

Angin ribut  menerjang Kecamatan Turi, Tempel, Prambanan dan Kecamatan Kalasan. Akibatnya puluhan pohon tumbang, bangunan dan rumah roboh, hingga setidaknya tiga mobil warga rusak tertimpa pohon.

“Pantauan radar kami memang ada aktifitas awan cumulonimbus di Sleman, angin kencang yang dihasilkan awan itu tadi bisa lebih dari 25 knot atau 45 kilometer per jam,” kata Kepala kelompok data dan informasi stasiun Klimatologi Yogyakarta, Djoko Budiyono.

Baca Juga :  Lakukan Tindakan Asusila di Sekolah, 2 Guru Berstatus PPPK di Gunungkidul Dipecat

Bahkan di Kecamatan Turi, warga sempat melihat pasca angin kencang butiran partikel es kecil turun bersama hujan. Djoko membenarkan jika awan CB memang dapa menyebabkan terjadinya hujan es dan bisa juga puting beliung.

“Di puncak musim hujan dan pancaroba seperti sekarang, awan seperti ini banyak muncul, jadi masih hal yang wajar,” ujarnya.

Sehari sebelumnya BMKG Yogyakarta telah mengeluarkan peringatan dini akan potensi hujan lebat disertai angin di kawasan utara Yogya atau Sleman itu.

“Sebab saat ini pembentukan awan CB memang lebih banyak di bagian utara hingga tengah Yogya,” ujarnya.

Baca Juga :  Dalam Dua Setengah Bulan, 56 Warga Sleman Terjangkit DBD

Dengan kondisi itu potensi hujan lebih banyak di bagian utara atau Sleman dan Kulonprogo utara.

“Karena ini akhir pekan, untuk wisatawan mohon berhati-hati terutama di sekitar gunung Merapi saat siang hingga sore hari,” ujarnya.

Petugas Pemantau Gunung Merapi BPPTKG Nur Kholik menuturkan inventarisasi dari dampak hujan disertai angin kencang di wilayah Kabupaten Sleman Jumat siang meliputi beberapa kerusakan.

Antara lain pohon tumbang 21 titik, atap rumah terbang 4 titik, dinding roboh 1 titik, jaringan listrik roboy 1 titik, akses jalan tertutup 4 titik, tempat usaha rusak 2 titik,  kendaraan rusak 3 unit, 1 unit tower roboh, dan korban jiwa nihil.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com