JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Pemkab Karanganyar Tetapkan Tanggal 20 Februari Hari Libur Daerah. Polres Bakal Kerahkan 800 Personel Amankan Pilkades Serentak di 145 Desa 

Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Efendi saat mengecek kesiapan kendaraan ops Polres Jumat (18/1/2019). Foto/Wardoyo
   
Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Efendi saat mengecek kesiapan kendaraan ops Polres Jumat (18/1/2019). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR- Plt Kepala Diskominfo Karanganyar, Bachtiar Syarif mengungkapkan penyelanggaraan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada 20 Februari 2019 di 145 desa di Karanganyar. Sementara Polres akan mengerahkan 800 personel.untuk pengamanan.

Hal itu terungkap dalam acara sambungrasa di Radio Swiba setempat, kemarin. Bahctiar berharap melalui acara Sambung Rasa ini, Pilkades mendatang dapat berjalan sejuk dan damai. Selain itu, informasi terkait Pilkades dapat menjangkau dan dimengerti masyarakat di seluruh Karanganyar.

Kabag Pemdes, Timotius Suryadi, mengatakan Pilkades serentak mempunyai 4 tahapan utama, yakni persiapan, pencalonan, pemungutan dan perhitungan serta penetapan.

“Pada 20 Februari 2019 nanti, 409 Cakades akan bersaing di 145 desa. Sementara itu H-2 akan ada kampanye terbatas dilanjutkan H-1 hari tenang,” terangnya.

Dalam sesi tanya jawab, Timotius menjelaskan terkait masa kampaye Pilkades. Kampanye sengaja dilakukan dalam waktu 1 hari. Itu dilakukan untuk menghindari adanya konflik. Mengingat di tingkat desa keterikatan emosional begitu erat, berbeda dengan Pileg maupun Pilpres yang jangkauanya lebih luas.

“Apabila masa kampanye dilakukan berlarut-larut, ditakutkan akan menimbulkan konflik berkepanjangan,” terang Timotius.

Sementara itu, Polres Karanganyar yang diwakili Kabag Ops, Kompol I Wayan Sudhita mengatakan, menjelang Pilkades serentak gelombang II, sejak awal pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satpol PP dan Kodim terkait pengamanan.

“Dipuncaknya nanti 800 personel akan dilibatkan. Pengamanan menggunakan pola merata, 1 TPS akan dijaga 4 personel. Baru dipertebal di tempat yang dikira rawan,” paparnya.

Namun tidak semua personel diturunkan, ada yang di tempatkan di tiap Polsek. Selanjutnya Pemkab Karanganyar menghimbau melalui Pj Sekda, Sutarno, supaya pakta integritas dan deklarasi Pilkades damai yang ditandatangani bersama bisa menjadi pengingat.

Kepada Panitia Penyelenggara, Ia mengingatkan untuk selalu mengecek kelengakapan di tiap TPS. Lakukan tugas dengan baik, penuh tanggung jawab dan jujur.

Dengan ditetapkannya Libur Daerah pada 20 Februari 2019, harapannya masyarakat dapat berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dengan baik. Supaya mendapat pemimpin yang amanah serta dapat memajukan desa masing-masing. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com