JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Stroke dan Ginjal Kuras Dana BPJS Rp 1,5 Triliun

ilustrasi
   

PURBALINGGA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penyakit stroke dan ginjal ternyata “menguras” dana  BPJS paling banyak dibanding jenis penyakit yang lain.

Penyakit stroke menyedot dana senilai Rp 794 miliar melalui BPJS Kesehatan. Sedangkan penyakit ginjal menguras dana sebesar Rp 750 miliar.

“Maka untuk dua penyakit itu dana BPJS yang tersedot sampai Rp 1,5 triliun. Itu baru dua penyakit dan masih ada penyakit lain,” ujar Staf Kementerian Kesehatan RI, Mursalim pada sosialisasi dukungan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), Senin (18/2) di Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga.

Baca Juga :  Sampai Rabu, MK Telah Menerima 21 Amicus Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Karena itu, di depan masyarakat Desa Kalikajar, Mursalim mengimbau masyarakat untuk menjalankan gaya hidup sehat. Memenuhi kecukupan gizi, berolahraga secara teratur, dan menghindari kebiasaan yang berpotensi merusak organ tubuh.

Mursalilm mengatakan, gaya hidup tidak sehat seperti tidak makan dengan gizi seimbang, merokok, konsumsi alkohol, dan perilaku destruktif lainnya meningkatkan risiko timbulnya penyakit degeneratif.

Baca Juga :  Denny Indrayana Tak Yakin Hakim MK Mau Berkorban dan Jadi Pahlawan demi Selamatkan Demokrasi, Seperti Ini Prediksinya

“Saat ini jenis-jenis penyakit degeneratif menempati ranking pertama penyebab kematian akibat penyakit,” ujarnya.

Ia mengingatkan, gaya hidup masa kini cenderung menjadi penyebab tingginya kasus penyakit degeneratif di masyarakat. Penyakit degeneratif sendiri berkaitan dengan kondisi jaringan atau organ tubuh yang terus menurun seiring waktu.

www.teras.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com