JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Begini Menurut Ahli Gizi Cara Menyimpan Buah Agar Kesegarannya Selalu Terjaga

Ilustrasi buah. pexels
   
Ilustrasi buah. pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk menjaga kesegaran buah ternyata ada tata cara tersendiri dalam menyimpannya. Selama ini, banyak orang menyimpan buah dengan asal-asalan. Misalnya, menyimpannya di tempat tertutup lalu mengkonsumsinya tanpa dicuci terlebih dahulu.

Ahli gizi Alvin Hartanto mengatakan tempat terbaik menyimpan buah adalah lemari pendingin atau kulkas. “Khususnya di daerah tropis seperti Indonesia, kulkas dengan temperatur yang dingin itu dapat menjaga buah dari kebusukan dini,” katanya pekan lalu.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Ada hal yang perlu diperhatikan yaitu, sebelum menyimpan buah di kulkas, Alvin menyarankan untuk mencucinya terlebih dahulu untuk memastikan higienitasnya. Lebih dari itu, ia juga mengatakan agar buah tidak langsung dimasukkan begitu saja di lemari es, tapi dengan dibungkus kantong plastik atau kotak makan.

“Tujuannya supaya menjaga buah dari bakteri lain yang ada di kulkas. Walaupun sekarang kulkas canggih, tapi kita tidak tahu apa saja yang ada di kulkas. Jangan sampai daging, saus dan sebagainya mengkontaminasi buah,” katanya.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

ADVERTISEMENT

Ketika ingin dikonsumsi, jangan lupa mencucinya kembali setelah berada lama di kulkas. Menurutnya, mencuci buah yang paling efektif adalah dengan menggunakan air keran yang kemudian dibasuh lagi dengan air mineral. “Kalau mau menggunakan sabun khusus juga tidak papa. Tapi memang dengan air saja sudah cukup,” katanya.

Baca: Buah Rambutan Tingkatkan Kualitas Sperma? Cek 6 Khasiat Lainnya

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com