JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Flashmob SD Muhammadiyah 1 Ketelan Hadirkan Kepedulian Lingkungan di Hari Peduli Sampah Nasional

Istimewa
   
Flashmob Duta Adiwiyata SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta mengikuti Aksi Grebek Sampah yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo, Minggu (3/3/2019), di Loji Gandrung. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Flashmob Duta Adiwiyata SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta mengikuti Aksi Grebek Sampah yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo, Minggu (3/3/2019), di Loji Gandrung. Acara tersebut terselenggara dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

Berbagai macam kegiatan digelar dimulai dari apel bersama, tukar sampah dengan bibit, workshop pembuatan pengganti kantong plastik sekali pakai oleh Earth Hour Community, pameran produk daur ulang dari Bank sampah, donor darah kerja sama dengan PMI dan aksi jemput sampah.

Peserta Grebek Sampah berjalan menuju rute yang ditentukan. gerakan aksi pungut sampah dilakukan dengan berjalan menyisir jalanan CFD jalan Slamet Riyadi berpasangan, tiap dua orang satu kantong sampah ramah lingkungan ke arah depan MCD Perempatan Ngarsopura.

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Cawali-Cawawali, Diah Warih: Pilkada Solo Kian Menarik

“Sampah merupakan sesuatu yang dipandang tidak bermanfaat oleh masyarakat, pandangan tersebut bisa diluruskan jika sampah di kelola dengan baik maka akan memberi dampak positif bagi lingkungan dan makhluk hidup termasuk masyarakat,” kata guru SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Imam Priyanto.

Sepanjang jalan banyak dijumpai sampah plastik dan daun berserakan di rerumputan. Bagas, siswa kelas 6 senang ikut kegiatan ini walau berjalan jauh.

”Saya senang, sekolah bermitra DLH Solo mengadakan jalan-jalan seperti ini. ada variasi kegiatan di luar kelas, yang pasti bisa kampanye mempopulerkan ayoo … gerakan kurangi sampah plastik, Flashmob Duta Adiwiyata hadirkan kepedulian lingkungan di era industri 4.0, menuju solo go green, ramah lingkungan,” papar Imam.

Baca Juga :  Keseruan Melihat Anak Hariamau Benggala di Solo Safari Saat Libur Lebaran

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Jatmiko mengatakan, gerakan Aksi Grebek Sampah kegiatan yang baik dan bisa dilakukan secara rutin setiap sekolah dan di rumah masing-masing.

”Upaya menjaga lingkungan, tadabbur lingkungan dan menambah keakraban sekolah dengan masyarakat, bahwa Sekolah Dasar Swasta Rujukan (SDSR) SDM 1 Ketelan terus berinovasi dan berbagi inspirasi dalam hal pemajuan sekolah adiwiyata meliputi optimalisasi duta adiwiyata, bank sampah, sudut sampah di tiap-tiap kelas, laboratorium botani dan layanan pendidikan berkualitas yang terbaru natural laboratory atau laboratorium alam di Juwiring Klaten, Jawa Tengah” pungkasnya. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com