JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Alasan Tidak Boleh Memanaskan Makanan Berkali-kali

dok
   
dok

JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebanyakan keluarga di Indonesia pasti akan merasang sayang jika harus membuang makanan sisa. Bahkan ada yang berpendapat makanan yang sisa jika dipanaskan lagi rasanya akan semakin lezat, seperti gudeg, sayur lodeh dan sebagainya.

Tetapi ada juga yang beranggapan bahwa memanaskan makanan dapat menghilangkan seluruh nutrisi baik dalam makanan. Tapi apakah hal itu benar?

Ahli Gizi Alvin Hartanto tidak membenarkan pernyataan tersebut. Ia menyebut bahwa memanaskan makanan secara berulang tidak akan menghilangkan keseluruhan nutrisinya. “Nutrisi tetap ada dan tidak hilang seluruhnya. Tapi, kualitasnya memang berkurang,” katanya di Jakarta, Kamis,(28/2/2019).

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Tak hanya sayuran, makanan yang dipanaskan berulang seperti daging pun akan mengalami penurunan nutrisi. “Sama seperti ukuran sayur dan daging yang pertama dimasak, dia akan semakin menciut jika dimasak berulang. Begitu pula dengan nutrisinya,” katanya.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Oleh karena itu, ia menyarankan agar memanaskan makanan cukup sekali saja. “Kalau bisa satu kali. Karena paling optimal untuk diserap tubuh ya nutrisi dengan maksimal dipanaskan kembali sebanyak satu kali,” katanya.

“Namun akan jauh lebih baik jika dari awal Anda telah memilih porsi yang tepat sehingga tidak menyisakan makanan dan berujung pada reheating,” katanya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com