JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kamis Pagi Muncul 33 Titik Potensial Kebakaran di Hutan Riau

kebakaran
Ilustrasi kebakaran hutan
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam beberapa hari ini ada kecenderungan peningkatan jumlah titik panas di kawasan hutan Riau.

Satelit Terra dan Aqua berhasil memantau adanya 33 titik panas yang diindikasikan merupakan kebakaran hutan di sejumlah wilayah di Riau.

“Titik panas terpantau pukul 07.00 pagi,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru, Sukisno, Kamis (28/3/2019).

Sukisno menjelaskan, titik panas terdeteksi di lima wilayah, yakni sebelas titik di Bengkalis, delapan titik di Meranti, tujuh titik di Dumai, lima titik di Pelalawan, satu titik di Siak dan satu titik di Indragiri Hilir.

Baca Juga :  Kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud Masih Optimistis MK Bakal Lahirkan Putusan Progresif

“Tingkat kepercayaan di atas tujuh puluh persen atau sembilan belas titik api,” ujarnya.

Kebakaran lahan di sejumlah daerah turut menurunkan kualitas udara dan jarak pandang di sejumlah wilayah, seperti Pekanbaru jarak pandangnya 8 kilomater, Rengat dan Pelalawan masing-masing 5 kilomater akibat udara kabur, sedangkan Dumai 3 kilomater lantaran diselimuti asap.

Baca Juga :  Sudah 3 Kali Dapat Peringatan Keras, Giliran Ketua KPU Hasyim Asy’ari Dilaporkan Atas Tindakan Asusila

Secara umum cuaca di Riau cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di hampir sebagian besar wilayah Riau.

“Suhu udara 23 – 35 derajat celcius,” kata Sukisno.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau mencatat luas lahan terbakar di Riau hingga saat ini telah mencapai 2700 hektare. Kebakaran lahan dominan terjadi di wilayah pesisir, seperti Bengkalis, Dumai dan Meranti.

www.teras.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com