JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Peni Candra Rini, Orang Indonesia Pertama Terlibat “Big Ears Festival” Di Amerika Serikat

Peni Candra Rini. istimewa
   
Peni Candra Rini. istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Institut Seni Indonesia (ISI) Solo patut berbangga, karena salah satu dosennya menjadi orang Indonesia pertama yang terlibat dalam Big Ears Festival di Knoxville, Tennessee, Amerika Serikat. 21-24 maret 2019. Dia adalah Peni Candra Rini S.Sn., M.Sn, Dosen Jurusan Karawitan, FSP, ISI Surakarta.

Mosaic Interactive adalah rangkaian karya interdisipliner yang mengeksplorasi Memories, Dreams, dan Ritual. Karya yang meliputi kolaborasi, lensa, visual arts, lagu dan dongeng dari seluruh dunia.

“Dalam proses pembuatan karya multidisciplinare ini kami melakukan tour di Kentucky Timur dan Virginia Barat. Mosaic tiba di Big Ears Festival untuk produksi pementasan pertamanya, menjadikan Knoxville’s Square Room menjadi lokus untuk kegiatan pertukaran budaya,” terang Peni, Selasa (26/3/2019).

Baca Juga :  Unik,  Puluhan Cosplayer Bagi-bagi Takjil Di  Jalan Gatot Subroto
Istimewa

Sementara itu, Karya Mosaic Interactive “Memories” adalah meditasi musik dan visual tentang cinta, kerinduan dan kewanitaan yang diekspresikan melalui jalinan bersama cerita, puisi, dan tradisi lagu perempuan Kurdi dari Turki dan perempuan di Appalachia pusat.

“Sedangkan “Dreams” adalah sebuah eksplorasi tentang bagaimana dunia imajinatif anak-anak tanpa batas menyapu dinding fisik yang mengelilingi masyarakat mereka, menggunakan musik dan visual orisinal yang diilhami oleh mimpi malam dan lamunan sekelompok anak yang hidup di sepanjang tembok Tepi Barat di Palestina. Lalu “Ritual” adalah perjalanan multi-indera melalui tujuh warna upacara gnawa ‘lila’, yang masing-masing mewakili kondisi dasar pola dasar kesadaran, melalui kinerja improvisasi yang memainkan musik Maroko, Appalachia, Indonesia, Jawa, Kota New York, dan Kurdistan,” imbuh Peni. Triawati PP

Baca Juga :  Desak Pemakzulan Jokowi,  Aksi Demo di Depan Balaikota Solo Diwarnai Aksi Bakar Ban
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com