JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Penuhi Target Kepesertaan PKH 10 Juta, Kementerian Kominfo Gencar Sosialisasi Melalui Pagelaran Wayang Kulit

Direktur IKP Kementerian Kominfo, Wiryanta saat memberikan sambutan di acara sosialisasi PKH lewat wayang kulit di Gentan, Baki, Sukoharjo Jumat (16/3/2019) malam. Foto/Aris Arianto
   
Direktur IKP Kementerian Kominfo, Wiryanta saat memberikan sambutan di acara sosialisasi PKH lewat wayang kulit di Gentan, Baki, Sukoharjo Jumat (16/3/2019) malam. Foto/Aris Arianto

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM -Pemerintah tahun ini menargetkan kepesertaan Program Keluarga Harapan (PKH) mencapai 10 juta penerima manfaat. Sosialisasi terkait hal tersebut terus digencarkan, salah satunya melalui pagelaran wayang kulit.

Wayang kulit untuk menyosialisasikan program PKH digelar Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Lapangan Desa Gentan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Jumat (15/3/2019) malam.

Direktur IKP Kemenkominfo, Wiryanta, menjelaskan, secara nasional target kepesertaan program PKH adalah 10 juta penerima manfaat. Target tersebut optimis bisa tercapai. Terlebih sosialisasi intensif program PKH gencar dilakukan, misalnya melalui berbagai media massa, talkshow maupun pertunjukan sarat tuntunan dan tontonan seperti wayang kulit.

Menurutnya, sosialisasi dengan wayang kulit, sangat efektif pasalnya bisa menyentuh masyarakat yang hadir. Sosialisasi memang menjadi tugas Kemenkominfo dalam rangka mendorong pemahaman terkait program PKH.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Tugas kami adalah menyosialisasikan PKH dan mendeseminasikan bahwa negara hadir. Inilah program-program unggulan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla,” jelas dia.

Dr. Roro Endah Sulityaningsih, Kasubdit Sumberdaya Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial RI membeberkan, PKH tidak hanya memberikan bantuan. Melainkan memberikan pula pendampingan supaya keluarga penerima manfaat bisa mandiri dan tidak lagi tergantung pada bantuan.

“Target kami 8 persen dari penerima manfaat bisa mandiri,” beber dia.

Untuk mencapai tujuan itu, sebut dia, PKH harus tepat sasaran. Selanjutnya penerima manfaat terus didampingi petugas berdasarkan kejujuran, dan muaranya adalah menuju kemandirian.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Dia menilai, momentum sosialisasi seperti yang digelar Kemenkominfo di Lapangan Gentan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, sangat bagus dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat. Melalui wayang kulit warga yang selama ini tidak memperoleh informasi, bisa hadir. Momentum sosialisasi melalui hiburan rakyat ini tentu sangat bagus untuk memperkenalkan program dan hak-hak warga bisa terpenuhi. Kami berterimakasih kepada Kemenkominfo yang terus gerilya ke pelosok-pelosok desa.

Sosialisasi PKH dari pertunjukan wayang di Gentan itu menampilkan dalang kondang Ki Warseno Slenk. Mengambil lakon Ontorejo Balelo. Antusiasme masyarakat cukup tinggi kendati hujan terus mengguyur. Terlebih panitia menyediakan hadiah dan doorprize menarik selama pertunjukan berlangsung. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com