JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

SETARA Institute: Amien Rais Dinilai Tebar Ranjau dan Melawan Produk KPU

Amien Rais
Amien Rais / tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –   Dalam mimbar demo Jumat (1/3/2019) siqng, Amien Rais dan Forum Umat Islam (FUI) dinilai menebar ranjau  dan membenarkan tindakan perlawanan atas produk kerja KPU.

Penilaian itu dilontarkan oleh Ketua SETARA Institute, Hendardi. Pasalnya,  dalam setiap pengambilan keputusan teknis kepemiluan, KPU melibatkan wakil dari masing-masing pasangan calon.

Untuk itu, dia mengingatkan, tak ada alasan bagi Amien Rais dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga untuk tidak percaya KPU.

KPU memang harus dikawal. Namun bukan untuk ditakuti-takuti atau diancam,” ujar Hendardi.

Baca Juga :  Untuk Usut Politisasi Bansos, Ekonom Sebut MK Perlu Periksa Jokowi

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menilai, apa yang disampaikan Amien Rais merupakan bentuk upaya mendelegitimasi penyelenggara pemilihan umum (Pemilu).

“Bapak Amien Rais melakukan upaya yang menurut saya sangat berbahaya,” ujar Hasto lewat keterangan tertulis,  Sabtu (2/3/2019).

Hasto mengklaim, sejak dulu PDIP konsisten agar Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu diperbaiki dan penyelenggara Pemilu tetap netral.

“Bagaimana agar alat-alat negara tidak boleh digunakan.”

Sebab, menurut Hasto, PDIP memilki pengalaman buruk pada pemilu-pemilu sebelumnya, terutama pada Pemilu 2004 dan 2009.

“Karena itulah justru ketika kita berada dalam kekuasaan pemerintahan kita tidak ingin menggunakan kekuasaan dengan cara-cara yang tidak benar,” ujar Hasto.

Baca Juga :  Mirip-mirip Gibran, Rencana Pencalonan Bobby di Pilgub Sumut Bisa Picu Ketegangan DPD Golkar Sumut dan DPP?

Sebelumnya, Amien Rais menyampaikan pesannya di hadapan massa dari Forum Umat Islam agar KPU berlaku jujur, adil tanpa kecurangan.

“Maka saya doakan dimuliakan di dunia dan akhirat,” kata Amien dari atas mobil box di depan gedung KPU, Jumat siang.

Pria berusia 74 tahun itu mengatakan penyelenggaraan pemilu akan diawasi. Jika sampai terjadi kecurangan dan terbukti, Amien Rais berkata, “semoga dilaknat Allah dan kami akan membuat perhitungan. Kami akan tuntut itu.” 

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com