JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

5.044 Pemilih di Karanganyar Rame-rame Ajukan Pindah Lokasi Nyoblos. Ada 3.383 Pemilih Putuskan Pindah Keluar

Ilustrasi
   
Ilustrasi

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebanyak 5.044 pemilih di Karanganyar memutuskan pindah lokasi pemilihan pada Pemilu 17 April mendatang. Mereka terdeteksi dari permintaan formulir A5 atau pindah memilih yang dikeluarkan oleh KPU setempat.

Data yang dihimpun di KPU Karanganyar, sejauh ini KPU sudah menerbitkan 5.044 lembar A5 untuk pemilih yang mengajukan pindah TPS. Rinciannya ada pindaj masuk DPT sebanyak 1.661 pemilih dan keluar DPT sebanyak 3.383 pemilih.

“Di masa perpanjangan, hanya empat kategori yang diproses. Yakni pasien rawat inap, tahanan, korban bencana alam, dan di luar kuasanya pindah TPS karena menjalankan tugas. Namun masih banyak di luar itu, mengajukannya. Terpaksa ditolak. Mereka mengira ketentuan sama seperti pengajuan A5 pada H-30 sebelum pemungutan suara,” kata Ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari kepada wartawan di kantornya, Jumat (12/4/2019).

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Dalam rapat pleno rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tambahan pasca putusan MK tentang Pemilu 2019, KPU Karanganyar mencatat masuk DPT sebanyak 1.661 pemilih dan keluar DPT sebanyak 3.383 pemilih.

Sedangkan Daftar Pemilih tetap (DPT) hasil Perbaikan (DPTHP) ketiga sebanyak 695.027 orang. Daftar pemilih tambahan itu dihitung hingga pengajuan A5 di akhir masa perpanjangan 10 April lalu.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Komisioner KPU Divisi Perencanaan Program dan Informasi, Kustiono menceritakan kasus penolakan pengajuan A5 di masa perpanjangan terakhir.

“Dia bekerja di Tasikmadu namun domisili Polokarto. Jarak perjalanan hanya setengah jam. Kemudian ada hajatan di Matesih padahal rumahnya Lalung. Boleh mengurus A5, tapi harus jauh-jauh hari pada H-30 kemarin,” terangnya. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com