JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

5 Wisatawan Asing Diamankan Karena Nekat Mendaki Gunung Agung yang Sedang Aktif

lava pijar gunung agung
Tempo.co
   

AMLAPURA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Petugas mengamankan 5 wisatawan asing yang mendaki Gunung Agung. Pasalnya, gunung tersebut aktivitas vulkanik gunung tersebut masih cukup tinggi.

Dalam kondisi aktivitas yang memuncak, ini sudah kesekian kalinya warga negara asing melakukan aktivitas pendakian ke puncak Gunung Agung.

Untung saja, ke lima wisatawan WNA tersebut selamat sampai ke bawah. Sebelumnya, mereka sempat tersesat di lereng Gunung Agung.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kelima wisatawan itu melakukan aktivitas pendakian pada Sabtu (13//4/2019) dini hari.

Kelima WNA diketahui bernama Trikhanovid Paver, Trikhanovid Anthalika, Olga, Negera Belarus, dan Artem.

Saat melakukan pendakian kelimanya sempat tersesat di lereng Gunung Agung. Namun, mereka berhasil sampai ke bawah tepatnya di Pura Penataran Agung Sebudi, pukul 14.00 Wita.

Baca Juga :  NasDem Mulai Bermanuver, PKS Tak Mau Bertemu Prabowo Sebelum Ada Ketetapan MK

Perbekel Amertha Bhuana yang juga Sekretaris Pasebaya Agung I Wayan Suara Arsana, mengungkapkan, proses pencarian sempat dihentikan sementara karena Gunung Agung terus bergetar. Namun, sekitar pukul 14.00 Wita, kelima WNA itu akhirnya turun dengan selamat.

Kata dia, saat dilakukan interogasi, mereka malah melakukan sedikit perlawanan. Mereka tidak mau berhenti dan langusng naik ke sepeda motornya hendak pergi.

Tapi, karena salah satu sepeda motornya mengalami ban kempes, dua bisa dicegat. Sementara rekannya yang dua lagi mencoba melarikan diri.

Baca Juga :  Gugatan PHPU Pilpres 2024, Mahfud MD Optimis Hakim MK Jatuhkan Putusan Monumental, Asal Berani

Beruntung petugas berhasil mencegat keduanya di Sebudi.

“Kondisi kelimanya dalam kondisi selamat. Hanya saja, seluruh bandannya basah kuyup akibat diguyur hujan lebat. Selanjutnya mereka digiring ke Polsek Selat untuk diinterogasi petugas kepolisian,” ujar Suara.

Kalak BPBD, Ida Bagus Arimbawa mengatakan, pihaknya telah berkali-kali mengimbau agar tidak melakukan aktvitas pendakian karena aktivitas Gunung Agung masih tinggi dan sering terjadi erupsi besar.

“Imbauan melalui surat sudah disebarluaskan. Tapi, masih saja ada yang nekat naik ke puncak gunung. Itu sangat berisiko dan membahayakan keselamatan bila gunung terjadi erupsi,” tegas Arimbawa.

www.teras.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com