Site icon JOGLOSEMAR NEWS

Bagi-bagi Kursi Menteri, Prabowo Akan Jatah PAN 7 Kursi, PKS 6

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Apapun kondisinya, Capres Prabowo Subianto sudah menyiapkan kabinet dalam pemerintahannya kelak jika dirinya terpilih.

Dalam peta kabinet tersebut, Partai Amanat Nasional (PAN) bakal mendapat jatah 7 kursi menteri. Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendapat jatah 6 kursi.
Hal itu dikatakan oleh  Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo.

Ia mengatakan, kakaknya, calon presiden 02, Prabowo Subianto sudah membahas soal menteri dalam kabinetnya jika nanti memenangi pemilihan presiden 2019.

“Dengan saya ada,” kata Hashim di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Senin  (1/4/ 2019).

Saat ditanya lebih lanjut soal komposisi menteri, Hashim mengatakan mereka sudah membicarakannya dengan Partai Amanat Nasional dan Partai Keadilan Sejahtera. Namun, Hashim tak merinci apakah dirinya dan Prabowo sudah sampai pada pembahasan nama-nama kandidat menteri.

“Saya kira itu antara saya dengan kakak saya. Kami kan sudah sepakat dengan PAN ada tujuh menteri untuk PAN, enam untuk PKS,” kata Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga ini.

Hashim mengatakan kesepakatan porsi menteri untuk partai lainnya masih didiskusikan. Selain PAN dan PKS, partai lainnya yang menjadi pengusung Prabowo dan Sandiaga ialah Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Berkarya.

“Demokrat belum definitif,” kata Hashim.

Dia mengimbuhkan, nama AHY dipertimbangkan dalam posisi menteri. Namun Hashim belum merinci posisi apa yang akan diberikan kepada putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu. “AHY salah satu (yang) dipertimbangkan,” ucapnya.

Hal ini disampaikan Hashim saat ditanya ihwal kecenderungan Prabowo dalam kampanye terbukanya belakangan ini. Prabowo beberapa kali melempar sinyal soal orang-orang yang akan duduk di kabinet jika dia menjadi presiden.

Pertama ialah saat menghadiri deklarasi dukungan dari pengusaha nasional di Djakarta Theater, Kamis (21/3/2019) malam. Namun kala itu, Prabowo hanya membocorkan kriteria menteri yang dia inginkan. Menterinya harus pintar, muda, dan berpihak kepada Indonesia.

“Tapi tidak hanya pinter, harus punya akhlak, dan harus muda. Tidak hanya muda, tapi harus berpihak kepada bangsa sendiri,” kata Prabowo.

Berikutnya ialah saat kampanye di Stadion Sidolig, Bandung, Jawa Barat pada Kamis, 28 Maret. Di sela pidatonya, Prabowo memanggil beberapa tim sukses yang sedang duduk di kursi di bagian belakang. Ia meminta nama-nama yang dipanggil untuk bergabung ke depan panggung bersama Prabowo.

“Itu orang-orang pintar ada di belakang gua semua, jadi kalau gua presiden kira-kira siapa yang ada di kabinet gue. Eh untuk apa saya sembunyi-sembunyi. Lu mau beli kucing dalam karung,” kata Prabowo di stadion Sidolig, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Kamis (28/3/2019).

Exit mobile version