JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bantah Prabowo, Garuda Sebut Untuk Bisa Untung, Okupansi Tak Harus 120 Persen

maskapai garuda indonesia
Ilustrasi Garuda Indonesia.
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ucapan capres Prabowo bahwa Maskapai Garuda baru bisa untung jika okupansi 120 persen, langsung dibantah pihak Garuda.

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan mengatakan, selama ini belum ada airline yang bisa memiliki okupansi sampai 100 persen.

Paling banyak, kata Ikhsan, okupansi maskapai paling mungkin bisa diperoleh sebanyak 95 persen.

“Rata-rata tidak ada airline yang bisa sampai 100 persen okupansinya. Yang terbaik mungkin 78-80 persen saat ini seperti Singapore Airlines,” kata Ikhsan ketika dihubungi, Minggu (14/4/2019).

Adapun saat ini load factor atau tingkat keterisian kursi milik maskapai Garuda dalam penerbangan rata-rata mencapai 75 persen. Dengan jumlah tersebut, Garuda sudah bisa mendapat untung dengan kondisi harga saat ini.

Baca Juga :  Tak Ingin Partai Ka’bah Hilang Karena Operasi Politik Jokowi, Ini yang Dilakukan PDIP

Ikhsan menjelaskan, konsep okupansi harus dilihat dalam konsep pulang pergi perjalanan satu pesawat dalam satu waktu yang sama.

Pada masa peak season misalnya, keberangkatan rute A ke B mungkin memiliki okupansi sebesar 95 persen. Tetapi belum tentu rute pulang dari B ke A akan memiliki okupansi yang sama.

 

“Contohnya orang sering melihat wah kalau lebaran itu pasti penuh, ya mungkin orang tidak melihat kalau pulangnya itu kosong kan?” kata Ikhsan.

Sebelumnya, Garuda Indonesia menjadi sorotan oleh calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Mengutip studi Bloomberg, Prabowo mengatakan, maskapai penerbangan pelat merah itu perlu okupansi 120 persen agar meraup untung.

Angka itu jauh bila dibandingkan maskapai asal Jepang ANA yang hanya butuh 60 persen untuk untung.

Baca Juga :  Jokowi Disebut Cawe-cawe Soal Kabinet Prabowo, Habiburokhman: Saya Saja Boleh Usulkan Nama?

“Garuda tidak bisa untung-untung kalau begini terus pengelolaannya, jadi mau bikin holding, holding, holding, yang sekarang saja tidak dikelola dengan baik,” ujar Prabowo dalam debat di Hotel Sultan, Sabtu (13/4/2019).

Karena itu, Prabowo menyatakan kerisauannya bahwa BUMN kebanggaan Tanah Air yang semestinya menjadi jawara baik di dalam maupun luar negeri sekarang malah dikalahkan oleh pihak asing.

“Padahal ini air space itu adalah aset bangsa kita itu adalah aset ekonomi kenapa kita biarkan aset ekonomi ini dinikmati oleh orang lain flag carrier kita kebanggaan kita Garuda kok kita biarkan morat marit seperti sekarang,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com