JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Film

Film Sapi Makan Kantong Kresek Diputar Pertama di Festival Film di Swiss

Aktifitas perdagangan sapi di Pasar Hewan Pracimantoro, Wonogiri.JSNews/Aris Arianto
   
Ilustrasi, Wonogiri.JSNews/Aris Arianto

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Film dokumentar karya sineas Indonesia berjudul ‘Diary of Cattle’ menjadi film perdana yang diputar saat pembukaan festival film Visions du Réel di Nyon, Swis, Kamis, (11/4/2019).

Film ‘Diary of Cattle’ merupakan karya sineas asal Padang, Sumatera Barat, David Darmadi dan Lidia Afrilita. Film ini mengangkat sudut padang yang berbeda tentang bagaimana sapi menjadi korban kerusakan lingkungan.

Cerita di film ini dimulai dari beberapa ekor sapi yang berjalan beriringan di gunungan sampah di sebuah Tempat Pembungan Akhir (TPA) di Kota Padang. Ketika truk sampah datang untuk bongkar muatan, sapi-sapi itu berkerumun sambil mencari makanan yang masih cukup segar.

Sebagian besar sampah terbungkus kantong plastik. Jika tak menemukan sampah makanan segar, sapi-sapi ini melahap kantong kresek hitam atau dahan kayu untuk diserap sarinya. “Kami membuat film ini dari perspektif sapi, bukan manusia,” kata David di Jakarta, Selasa, 16 April 2019.

David dan Lidia sengaja mendokumentasikan aktivitas sapi dalam mencari makanan di tempat pembuangan sampah. Mereka memutuskan membuat film dokumenter tanpa narasi, dialog, dan musik. “Kami yakin visualisasi bisa menimbulkan kesan,” ucap David.

Lidia Afrilita menambahkan kalau film yang mereka buat bukan jenis dokumenter jurnalistik. “Film ini adalah tentang empati dan emosi. Yang penting bagi kami, penonton bisa merasakan kehidupan sapi di sana,” ujarnya.

Film pendek ‘Diary of Cattle’, menurut Lidia, merupakan fragmen kecil dari harapan besar di masa depan. “Sampah jadi masalah dunia. Kami mau terlibat dalam isu ini melalui sudut pandang dan cara yang berbeda,” kata dia.

Film yang mulai digarap pada 2017 ini berhasil menjadi satu dari 39 film terpilih di Festival Film Visions du Reél. “Penonton kaget, ternyata ada film dokumenter Indonesia yang memberikan tawaran baru,” kata David.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com