JOGLOSEMARNEWS.COM Market Ekbis

Forum UMKM Solo Catatkan Perkembangan Pesat Sektor Tersebut di Kota Solo

Wagub Jateng melihat salah satu produk UMKM. Jsnews/Aris Arianto
   
Ilustrasi  UMKM. Jsnews/Aris Arianto

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Forum UMKM Solo mencatat perkembangan pesat terjadi pada sektor tersebut beberapa tahun terakhir. Hal itu ditunjukkan dengan data-data oenibgkatan jumlah UMKM dari tahun ke tahun.

Seperti data Forum UMKM yang menunjukkan peningkatan jumlah UMKM dari tahun 2017 ke tahun 2018, bertambah 60 UMKM. Selain itu, peningkatan jumlah UMKM juga terpantau oada awal tahun 2019 ini yang mencataymtkan angka penambahan sebanyak 10 UMKM.

Ketua Forum UMKM Solo, Rony Prasetyo menuturkan, jenis usaha yang dilakoni oleh oara pengusaha kecil menengah ini beragam mulai dari usaha kuliner, fashion, dan lainnya. Sampai saat ini, jumlah anggota Forum UMKM Solo mencapai 122 UMKM.

“Dari jumlaj tersebut, mayoritas memang bergerak di bidang kuliner yakni sekitar 60%. Indikasi perkembangan pesat juga dapat dilihat dari kelas usahanya. Banyak pelaku usaha yang naik kelas di tahun ini, misalnya dari mikro ke kecil, dari kecil, ke menengah bahkan sudah ada yang masuk ke makro. Kuliner juga banyak dipilih karena bisa dilakukan dengan modal yang cukup tidak perlu banyak. Kemudian juga sudah ada layanan delivery food,” paparnya, Selasa (9/4/2019).

Diakui Rony, dengan adanya kemudahan delivery food ini memicu sektor kuliner bertumbuh sangat cepat.

“Berbicara mengenai kendala yang dihadapi pelaku UMKM saat ini bukan pada modal usaha yang utama, melainkan cara branding produk yang dimiliki oleh pelaku usaha. Meski pelatihan sudah sering diberikan, banyak pelaku UMKM yang masih mengalami kesusahan dalam mengaplikasikannya langsung. Butuh pendampingan secara berkelanjutan sehingga pelaku usaha benar-benar paham dan mahir,” pungkasnya. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com