JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Klaim Prabowo Kuasai Jatim, Relawan Jokowi Imbau Masyarakat Hati-hati dengan Ucapan Amien Rais

amien
ilustrasi
   

SURABAYA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masyarakat diminta untuk tidak percaya dan menelan mentah-mentah setiap ucapan yang dilontarkan politisi senior PAN, Amien Rais.

Termasuk ucapan dia yang mengatakan pasangan 01 kalan di Provinsi Jawa Timur. Imbauan itu dilontarkan oleh relawan pendukung Jokowi – Ma’ruf Amin, Jaringan Kiai dan Santri Nasional (JKSN).

Ketua Umum JKSN, Muhammad Roziky mengatakan semua pihak tidak berhak mengklaim kemenangan atas hasil pemilihan presiden sebelum 22 Mei 2019.

“Kami imbau masyarakat, kiai, bu nyai, santri yang mendengar seakan-akan 01 kalah di Jawa Timur, jangan cepat percaya bahwa itu sebuah kebenaran,” kata Roziky di posko JKSN, Jalan Diponegoro 9, Surabaya, Sabtu (20/4/2019).

Roziky meminta masyarakat yang mendengar kabar tersebut untuk tabayun. Sebab, pada hitung cepat yang dilaksanakan oleh lembaga survei, Jokowi-Ma’ruf justru menang telak di Jawa Timur dari Prabowo-Sandiaga. Ia mengklaim Jokowi-Ma’ruf meraup suara 66 persen lebih.

Baca Juga :  TPN Ganjar-Mahfud Serahkan Bukti Tambahan Sebanyak 15 Kontainer ke MK

Roziky juga berujar selama masa kampanye hingga pemilu, JKSN rajin turun ke masyarakat, khusunya Jawa Timur. Ia mengaku masyarakat antusias memilih Jokowi-Ma’ruf.

“Karena itu jangan ada yang overacting, mari sama-sama menunggu real count Komisi Pemilihan Umum,” katanya.

Sekretaris Jenderal JKSN Zahrul Azhar Asumta menilai wajar ucapan Amien Rais dalam kapasitas tim sukses Prabowo-Sandi. Zahrul yakin masyarakat sudah dapat memilah bahwa saat mengucapkan kata-kata itu Amien dalam posisi sebagai pendukung Prabowo-Sandi.

“Pak Amien Rais sebagai tim sukses pasangan calon tertentu kami anggap berusaha ingin menang dengan caranya sendiri. Namun dalam kapasitas guru bangsa, menurut saya beliau tak bijak mengucapkan kata-kata itu,” kata Zahrul.

Baca Juga :  Kemnaker Imbau Gojek dan Grab Berikan THR, Asosiasi Driver Online Pesimis

Zahrul juga menyesalkan pernyataan Amien Rais seolah-olah mendelegitimasi kerja KPU yang belum selesai. Zahrul menilai orang sekaliber Amien Rais ikut termakan informasi di sekitarnya yang mengarah pada delegitimasi pada KPU.

“Kami menyesalkan kapasitas beliau,” ujarnya.

Sebelumnya sempat beredar video berdurasi sekitar dua menit berisi pernyataan Amien Rais yang mengklaim Prabowo-Sandi menang di Jawa Timur. Menurut Amien, Jawa Timur telah dikuasai kubu 02 dan Jokowi hanya menang di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Nusa Tenggara Timur.

“Jawa Timur kami menang,” katanya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com