JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pilpres 2019, Jokowi–Amin Menang Telak dari Prabowo-Sandi di Rutan Solo

Pemilu yang diadakan di Rutan Kelas IA Kota Solo. Istimewa
   
Suasana Pemilu   di Rutan Kelas IA Kota Solo, Rabu (17/4/2019). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Paslon nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin menang telak atas Paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10, 11 Rutan Solo dalam Pilpres 2019, Rabu (17/4/2019).

Kasubsi Administrasi dan Perawatan Rutan Solo, Fitroh Komarudin mengatakan, pelaksanaan Pemilu 2019 yang di Rutan Kelas IA Kota Solo berlangsung aman dan lancar tanpa kendala apapun. Warga binaan yang menyalurkan hak pilihnya juga secara bergantian menyalurkan aspirasi dengan tertib.

“Untuk dua TPS di Rutan Solo Paslon 02 unggul,” ujar Fitroh.

Lanjutntya, ada sebanyak 389 warga binaan yang menyalurkan hak pilihnya. Untuk mewadahi mereka, pihak Rutan membuka dua TPS yakni TPS 10 yang diperuntukkan untuk warga Kota Solo dan TPS 11 diperuntukkan untuk warga Karanganyar dan Sukoharjo.

Baca Juga :  Teguh Prakosa, Wakil Gibran Akan Daftar Jadi Calon Walikota Solo, Yakin Partainya Melihat Figur Internal

Berdasar data rekapitulasi, Paslon 01 di TPS 10 Rutan Kelas IA Kota Solo mencapai 168 suara. Sedangkan, Paslon 02 mendapat 29 suara. Sedangkan, suara tidak sah tercatat tiga suara.

Sementara itu, di TPS 11 Rutan Kelas IA Kota Solo, Paslon 01 mendapatkan suara sebanyak 126 surat suara. Lalu, Paslon 02 memperoleh 34 suara. Sedangkan, terdapat lima surat suara tidak sah.

Sementara itu, Karutan Solo, M Ulin Nuha mengatakan, pihaknya menerjunkan sebanyak 21 petugas dalam Pemilu yang diadakan di dalam Rutan Kelas IA Kota Solo. Dalam menjalankan tugasnya, petugas Rutan mengenakan baju batik agar tidak menimbulkan kesan kaku.

“Upaya ini kami lakukan, agar tidak ada kesan kaku saat pencoblosan dilakukan,” kata Ulin.

Baca Juga :  Keseruan Melihat Anak Hariamau Benggala di Solo Safari Saat Libur Lebaran

Penyelenggaraan pemilu di Rutan juga mendapat pantauan langsung dari pengawas independen. Salah seorang pengawas independen berasal dari Malaysia, bekerjasama dengan pihak Bawaslu Kota Solo untuk memantau kondisi langsung di lapangan.

Pengawas independen dari Malaysia, Aira Azhari mengatakan, penyelenggaraan Pemilu di Indonesia berbeda dengan di Malaysia. Jika di Malaysia, masyarakat memiliki dua pilihan yakni memilih Dewan Undangan Negeri dan Ahli Parlemen di Persekutuan. Namun, di Indonesia masyarakat memilih lima pemimpinnya.

“Kalau di Malaysia hanya dua, kalau di sini lima,” kata Aira.

Menurutnya, antusiasme masyarakat (warga binaan-red) menyalurkan hak pilihnya sangat tinggi. Ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang menyalurkan hak pilih. Syahirul

 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com