JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Simulasi Jarak Tempuh ke 5 Titik Penyimpanan Logistik Pemilu Solo, Damkar Perlu Waktu 2-3 Menit ke Lokasi

   
Ilustrasi tempat penyimpanan kotak suara. Foto/Wardoyo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk mendukung kesuksesan dan keamanan Pemilu 2019 terutama dalam bidang logistik Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solo melakukan berbagai antisipasi.

Damkar Kota Solo menggelar simulasi jarak tempuh ke masing-masing pusat penyimpanan logistik pemilu 2019 di lima kecamatan Kota Solo, Selasa (16/4/2019). Langgah ini diambil sebagai upaya untuk mencari alternatif akses jalan tercepat jika terjadi kebakaran di lokasi penyimpanan logistik.

Kepala Damkar Kota Solo, Gatot Sutanto menuturkan, Ada lima titik penyimpanan logistik pemilu di lima kecamatan Kota Solo. Yakni, SD Negeri Baturono (Kecamatan Pasar Kliwon), aula kantor Kelurahan Serengan (Kecamatan Serengan), Gedung Serba Guna Kalurahan Karangasem (Kecamatan Laweyan), gudang kantor KPU Solo (Kecamatan Banjarsari), dan Kantor STP (Kecamatan Jebres).

Baca Juga :  Boneka Jokowi Dibakar Pendemo di Kota Solo, Tuntut Pemakzulan Presiden

Dari hasil simulasi yang dilakukan, paling lama mobil pemadam kebakaran sampai di lokasi penyimpanan logistik mencapai 2-3 menit.

“Hasil simulasi yang dilakukan, jarak tempuh mobil dari markas Damkar menuju tempat penyimpanan mencapai 2-3 menitan. Dalam simulasi tersebut, kami juga mencari akses jalan tercepat supaya dapat segera sampai menuju lokasi,” terang Gatot, Selasa (16/4/2019) siang.

Lokasi markas Damkar di Kota Solo, kata Gatot, terdapat tiga tempat. Diantaranya, markas Damkar Kota Barat, Pedaringan dan Gading. Nantinya, jika terjadi hal tidak diinginkan lokasi markas terdekat dengan penyimpanan logistic pemilu akan meluncur lebih dulu.

Baca Juga :  Kasus DBD Solo Melonjak, 2 Pasien Meninggal Dunia

Selain melakukan simulasi, Gatot mengaku, juga telah membekali pelatihan linmas yang menjaga logistic pemilu. Termasuk, menyiapkan alat pemadam api ringan (APAR) jika terjadi kebakaran.

“Sehingga, ada penanganan awal yang dilakukan untuk memperlambat api menjadi besar,” katanya.

Pihaknya berharap, tidak terjadi hal yang tak diinginkan saat pesta demokrasi lima tahunan itu. Meski begitu, tim Damkar Kota Solo siap menghadapi peristiwa terburuk jika terjadi sesuatu.

“Kita tidak berharap hal itu terjadi. Tapi, alangkah baiknya jika menyiapkan sesuatu sebelum hal buruk menjadi kenyataan,” katanya. Syahirul

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com