JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Sosok Irjen Pol Rycko Amelza, Kapolda Jateng Yang Baru. Pernah Satu Tim Dengan Kapolri Tito Lumpuhkan Teroris Dr Azahari Tahun 2005 

Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Foto/Wikipedia
   
Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Foto/Wikipedia

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM  Jabatan Kapolda Jawa Tengah bakal segera berganti. Irjen Pol Condro Kirono yang sudah mengemban jabatan Kapolda Jateng selama tiga tahun, akan mendapat mutasi ke jabatan baru.

Mutasi itu terungkap dari beredarnya surat telegram Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dengan nomor ST/1202/IV/KEP 2019 tentang mutasi sejumlah pejabat tinggi Polri.

Dalam daftar nama mutasi yang tercantum di surat telegram itu, Irjen Pol Condro Kirono yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah akan menduduki posisi baru sebagai Kabaharkam Polri.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

Sementara itu, posisi Kapolda Jawa Tengah akan diisi oleh Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

Rycko sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akpol Lemdiklat Polri. Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. lahir di Bogor, Jawa Barat, 14 Agustus 1966.

Sejak 2 Juni 2017, ia menjabat sebagai Gubernur Akpol, setelah sebelumnya menjadi Kepala Polda Sumut yang aktif sejak 5 Oktober 2016.

Irjen Pol Rycko merupakan lulusan terbaik Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kapolda Sumut.

Baca Juga :  Pabrik Pil Koplo Beromzet Triliunan Rupiah di Semarang Digerebek BPOM

Irjen Pol Rycko juga termasuk polisi yang mendapat kenaikan pangkat luar biasa saat tergabung dalam tim Bareskrim. Prestasi moncernya yakni melumpuhkan teroris Dr Azahari dan kelompoknya di Kota Batu, Malang,Jawa Timur, 9 November 2005.

Ia mendapat penghargaan dari Kapolri saat itu, Jenderal Pol Sutanto bersama dengan para kompatriotnya, Tito Karnavian, Petrus Reinhard Golose, serta Idham Azis, dkk.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com