JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tingkatkan Budaya Bertutur,  Lewat Sinau Dongeng

Dok
   
Dok Komunitas Dongeng Keliling

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk meningkatkan rasa toleransi  dalam kehidupan bermasyarakat, digelar workshop Sinau Dongeng.

Workshop berlangsung di Warung TOP Inspirasi Sumber, Solo.  Tema yang diusung dalam workshop tersebut adalah ‘bertoleransi dalam imajinasi’.

Tsany K selaku Public Relations Division menjelaskan,  dongeng dipilih sebagai sarana untuk menebarkan nilai kebaikan karena dongeng disukai oleh anak-anak.

Dongeng menurut Tsany, juga dapat mengajari tanpa perlu menggurui.  Anak-anak akan mencontoh perilaku baik dari tokoh-tokoh yang diceritakan dalam kisah dongeng.

Baca Juga :  Unik,  Puluhan Cosplayer Bagi-bagi Takjil Di  Jalan Gatot Subroto

“Jadi tanpa sadar nilai budi pekerti telah tertanam pada benak mereka”, jelas Rona Mentari selaku pendongeng sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Workshop tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, mahasiswa, hingga orang tua.

Tak hanya belajar mendongeng, para peserta juga berkesempatan untuk mempraktekkan secara langsung.

Azka, peserta termuda pada workshop, dengan antusias mengikuti acara hingga selesai.

“Aku senang dongeng, pengen bisa mendongeng kaya kak Rona”, ujar anak berumur 5 tahun itu.

Workshop ‘Sinau Dongeng’ merupakan bagian dari serangkaian acara yang mewarnai Festival Purana yang diprakarsai oleh Komunitas Dongeng Keliling (Doing) Project.

Baca Juga :  Gugatan Ganjar-Mahfud di MK, Anggap Suara Prabowo-Gibran 0 di Semua Daerah, Gibran: Mungkin Pak Ganjar Ngelawak

Festival Purana dibuka dengan Kreta Purana Goes to School. Kreta adalah singkatan dari Kreasi dan Bercerita. Kreta merupakan acara pembuka yang telah diselenggarakan Jumat (29/03/2019) lalu di SD Negeri Gulon Jebres Solo.

Sedangkan acara penutup yang juga merupakan acara puncak dari Festival Purana yaitu Pagelaran Dongeng Solo. Pagelaran rencananya digelar Sabtu (20/4/2019) di Taman Cerdas Soekarno Hatta, Jebres, Solo. suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com