JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

5 Tahun Jalan Hancur Dilalui Ratusan Dump Truk, Warga Gondang Sragen Desak Tambang Galian C Ilegal Ditutup

Senada, tokoh masyarakat lainnya Aryo juga menerangkan saat pertama kali diprotes soal izin pada 2014, pengusaha itu memang sempat mengurus izin dan keluar untuk satu titik. Akan tetapi realitanya yang dikeruk ada beberapa titik lainnya yang dipastikan belum ada izinnya.

“Sampai sekarang masih jalan terus. Warga sudah tak henti memprotes ke desa dan BPD, lalu menyurati Pak Camat dan kabupaten, tapi juga enggak ada hasil. Terus kami mau ngadu ke siapa lagi. Sementara kondisi jalan satu-satunya di desa kami sudah hancur, kalau hujan banyak memakan korban,” terangnya diamini warga lain.

Baca Juga :  Beasiswa KIP Kuliah untuk Mahasiswa Baru di Sragen Dibuka Tiap Tahun. Tersedia Ratusan Kuota, Simak Syarat dan Cara Daftarnya!

Mewakili warga, pihaknya mendesak Pemkab dan aparat kepolisian segera menutup areal tambang dan mengusir backhoe dari lokasi penambangan.

Terpisah, Camat Gondang, Catur Sarjanto mengatakan kasus protes galian C di Wonotolo memang pernah mencuat beberapa waktu lalu. Saat muncul protes warga, pihak kecamatan bersama Satpol PP Kabupaten langsung melakukan pengecekan.

Karena saat itu memang lokasi galian C belum berizin, tim memang meminta untuk menghentikan operasi. Setelah itu, pihak pengusaha diketahui mengurus izin dan keluar izin untuk satu titik.

Baca Juga :  Kecelakaan Beruntun 3 Motor di Gemolong Sragen, Gegara Belok Asal Nyelonong, Kakek-Kakek Babak Bundas Diseruduk 2 Motor Anak Sekolah

Kalau kemudian warga melaporkan ada aktivitas penambangan di lokasi lain yang belum berizin, maka pihaknya siap untuk menindaklanjuti dengan pengecekan kembali.

“Dulu memang sempat ada masalah dengan petani pihak sebelahnya. Sudah kita tindaklanjuti, karena sebelahnya tidak ada izin, langsung kita minta berhenti. Kalau sekarang ada proses lagi di titik lain yang belum izin, nanti akan kami cek lagi. Kami malah baru tahu dan terimakasih informasinya, segera kami tindaklanjuti,” tandas Catur. Wardoyo

 

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua