JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

60 Mahasiswa UNS Menjadi PM Young Leader dari Dompet Dhuafa

Humas UNS
   
Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dompet Dhuafa Pendidikan kembali meluncurkan program baru untuk menciptakan pemimpin-pemimpin berkualitas dan berkarakter. Setelah program beasiswa studi etos, beasiswa aktivis nusantara (Baktinusa), kini Dompet Dhuafa meluncurkan program baru bernama Youlead, singkatan dari Young Leader.

Program Young Leader ini dirilis di berbagai kota, salah satunya di Kota Solo. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi universitas utama sasaran program Youlead di Solo. Sebanyak kurang lebih 60 mahasiswa UNS menjadi peraih manfaat program ini.
Berbeda dengan program beasiswa lainnya yang menawarkan manfaat berupa nominal uang, program Youlead ini sama sekali tidak memberikan manfaat dalam bentuk uang. Youlead merupakan program pembinaan untuk menciptakan pemimpin strategis dan berintegritas. Dari total 1.100 pendaftar di Indonesia terseleksi 561 mahasiswa dan 70 orang di antaranya di wilayah Surakarta.

Baca Juga :  IHGMA Jateng Gelar Rakor Bahas Strategi Pengembangan Pariwisata di Jawa Tengah

“Program young leader ini bukanlah beasiswa yang menawarkan uang, tetapi pembinaan kepemimpinan. Nanti para penerima manfaat dibimbing langsung oleh penerima manfaat beasiswa Baktinusa, ” ujar Krisna Dwipayana, Manajer Baktinusa Regional Solo.

Sebelum program dimulai, penerima manfaat Youlead diwajibkan untuk mengikuti kegiatan Youleadcamp. Youleadcamp Solo dikemas dengan rangkaian acara Inspiring Leaders Talk pada Sabtu, (4/5/2019) di Ruang Sidang 2 Rektorat UNS dan Youlead Race pada Minggu, (5/5/2019) di wilayah UNS.
Acara Inspiring Leaders Talk mengangkat tema kepemimpinan di era millennial. Dalam kegiatan tersebut mengundang beberapa pembicara antara lain Prof. Rer. Nat. Sajidan, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Arif selaku General Manager Dompet Dhuafa Filantropi, Greget Kalla Buana Islamic Finance Specialist dari UNDP, Evi Baiturrohmah Program Developer Sahabat Kapas, Narendra Rangga Reswara Founder Komunitas Bismillah, Krisna Dwipayana Manager Baktinusa Regional Solo, dan Faith Aqila Silmi Penerima Manfaat Beasiswa Baktinusa.

Baca Juga :  Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Fungsional Sepanjang 22 KM Saat Mudik Lebaran 2024

Dilanjut dengan keesokan harinya, diselenggarakan kegiatan Youlead Race dengan outbond berkeliling UNS. Penerima manfaat Youlead memasuki pos-pos yang berisikan games dan tugas-tugas tertentu. Meskipun outbond, dalam pos-pos tersebut ditanamkan nilai-nilai kepemimpinan, antara lain Iman, Ibadah, Adab, Visioner, Produktif, dan sebagainya. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com