JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Awas ! 3 Lokasi Jalur Mudik di Wonogiri Ini Rawan Bencana

Kendaraan melintas di Gunung Pegat, Kecamatan Nguntoronadi,Wonogiri
   
Kendaraan melintas di Gunung Pegat, Kecamatan Nguntoronadi,Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Sedikitnya tiga titik di jalur mudik dan balik Lebaran 2019 di Wonogiri rawan terjadi bencana. Pemkab Wonogiri pun mengimbau pemudik waspada saat hendak melintasinya.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto, menegaskan ada tiga lokasi jalur mudik yang rawan bencana. Jenis bencana yang saat ini mengancam adalah angin kencang hingga pohon tumbang.

Lokasi rawan bencana itu meliputi Gunung Pegat Kecamatan Nguntoronadi dan Krisak-Sukoharjo yang menjadi jalur utama Solo-Pacitan. Selanjutnya Gunung Belah di jalur Wonogiri-Pracimantoro, dan Pucung Kecamatan Kismantoro di jalur alternatif Wonogiri-Pacitan.

Baca Juga :  Daftar Objek Wisata di Wonogiri yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2024, ada Kuliner Juga Loh

Ketiga lokasi itu secara geografis berupa perbukitan dengan lereng cukup terjal. Kerap terjadi angin kencang hingga menyebabkan pohon tumbang. Bahkan pernah sampai mengakibatkan korban jiwa ketika pohon ambruk menimpa pengguna jalan yang melintas.

“Ketiga lokasi itu ketika masuk musim hujan sering pula terjadi longsor. Jadi pemudik dan warga harus tetap waspada ketika melintas di kawasan itu,” jelas dia, Senin (27/5/2019).

Baca Juga :  Persempit Ruang Gerak Aksi Tawuran hingga Balap Liar selama Ramadhan 2024 ini yang Dilakukan Aparat

Saat hendak melintas lokasi itu, dan ternyata ada angin kencang maupun kemungkinan turun hujan lebat, seyogyanya pengendara menghentikan perjalanan. Akan lebih baik jika mencari tahu keadaan dengan menanyakan ke warga sekitar, atau lmenghubungi posko di kantor BPBD Wonogiri.

“Kami memasang papan peringatan bahaya di kawasan tersebut. BPBD juga berkoordinasi dengan Bina Marga untuk memangkas pohon yang membahayakan pengguna jalan. Misalnya rapuh, miring, maupun hendak tumbang,” sebut dia. Haryanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com